Simak Yuk! Tips Memilih, Merawat, dan Menyimpan Pisau yang Benar Berikut Ini

Pisau memiliki fungsi untuk memotong apapun. Pisau dapur memiliki fungsi untuk memotong bahan-bahan dapur yang akan kita masak, dan masih banyak lagi model pisau beserta fungsinya.

Simak Yuk! Tips Memilih, Merawat, dan Menyimpan Pisau yang Benar Berikut Ini


Banyak, orang yang asal pilih dan asal simpan pisau sehingga cepat tumpul dan tidak bisa dipakai dan bahkan ada yang sampai berkarat sehingga berbahaya untuk digunakan memasak. Referensirumah.com punya tipsnya nih, bagaimana memilih, merawat dan menyimpan pisau yang benar.


Memilih pisau

Simak Yuk! Tips Memilih, Merawat, dan Menyimpan Pisau yang Benar Berikut Ini

Hal yang perlu diperhatikan ketika memilih pisau adalah bahan pisau tersebut. Bahan yang biasa digunakan untuk membuat pisau adalah stainless steel sebagai bahan yang tidak berkarat. Bahan lain yang dapat dibuat menjadi pisau adalah keramik. Pisau dari keramik memiliki kelebihan dibanding pisau stainless steel yaitu lebih tajam tanpa diasah tapi bisa pecah.

Untuk gagangnya, pilih yang nyaman dan tidak mudah terlepas. Kayu merupakan pegangan pisau yang paling banyak dipakai karena memenuhi syarat ini. Kayu dapat dibentuk sehingga menjadi bentuk yang nyaman untuk dipegang juga tidak mudah lepas sekalipun dalam keadaan basah.

Perhatikan juga bilah pada pisau. Pisau yang lurus akan menghasilkan potongan yang rapi. Untuk mendapatkan potongan dengan hasil yang maksimal. Dan gunakan tipe pisau sesuai dengan fungsinya, misalkan pisau buah jangan dipakai untuk memotong daging.

Merawat Pisau


Mearawat pisau tidak terlalu sulit kok, cukup di asah dengan benar dan berkala. Seberapa sering pisau harus diasah tergantung pada seringnya pisau digunakan dan jenis pisau. Semakin sering digunakan, maka pisau harus semakin sering diasah. Berdasarkan jenisnya, pisau daging perlu diasah lebih sering dibanding pisau yang digunakan untuk memotong sayur atau buah.

Bersihkan pisau setiap kali digunakan. Anda bisa menggunakan sabun pencuci piring dengan mencucinya seperti biasa. Jangan lupa, keringkan agar tidak karatan dan tidak menimbulkan jamur.

Penyimpanan



Simpan pisau di tempat kering untuk mencegah pisau berkarat. Yang terpenting, simpan pisau di tempat yang aman, pada tempat yang tidak dapat dijamah oleh anak-anak untuk mencegah luka akibat penyalahgunaan pisau.

Top