Setiap Kali Menstruasi Wanita Ini Selalu Batuk Darah, Ternyata Dia...

Menstruasi memang pendarahan yang normal dialami oleh setiap wanita di usia produksi. Tapi wanita ini juga mengalami pendarahan di “lubang” lainnya, yaitu hidung. Kenapa ya?



BACA JUGA: Waspada! Tak Selalu Benjolan yang Jadi Pertanda Kanker Payudara, Tapi Ini

Wanita 28 tahun asal Taiwan itu didiagnotis penyakit aneh yang sebelumnya mengeluh nyeri di dada selama lebih setahun. Ia bahkan mulai mengalami batuk berdarah. Dan yang paling aneh, batuk beradarahnya itu keluar saat dia menstruasi.

Dikutip dari Dream, Ini kasus yang benar-benar membingungkan. Wanita itu pun di bawa ke National Taiwan University Hospital (NTUH) di Hsin-chu untuk dirawat. Setelah diperiksa, ternyata dia menderita endometriosis, yakni kondisi dimana tumbuhnya jaringan endometrium di luar Rahim yang menyebabkan nyeri panggul.

Ini adalah gangguan yang menyakitkan karena jaringan rahim wanita (endometrium) tumbuh di luar organ yang semestinya. Lapisan jaringan inilah yang biasanya mengeluarkan darah menstruasi saat tidak terjadi kehamilan.

Lalu, apa penyebab batuk darah yang dialaminya?


Dr Lin, kepala rumah sakit ginekologi yang merawat wanita itu, menjelaskan jaringan endometrium mungkin tumbuh hingga ke paru-parunya dan entah bagaimana terjebak di area tersebut dan Ketika jaringan mulai membuka saat menstruasi, dia akhirnya batuk darah.

Sementara menurut Kepala SingHealth Duke-NUS dan Neck Centre, endometriosis adalah salah satu kondisi yang dapat menyebabkan perdarahan dari kumpulan jaringan abnormal pada organ seperti paru-paru.

Hal ini dapat menyebabkan pasien untuk batuk darah (hemoptisis). Sebagai obat sementara, wanita itu dilaporkan diberikan pil KB dan suntikan hormon untuk mencegah dia berovulasi dan mengalami menstruasi.
Top