Segudang Manfaat Menanam Tanaman Di Dinding Rumah

Tanaman sangat penting bagi manusia, karena dengan tanaman lah proses digantinya karbondioksida menjadi oksigen lewat proses fotosintesis. Banyak cara untuk membangun area hijau dirumah salah satunya adalah mdengan menanam tanaman di dinding dalam rumah.

Segudang Manfaat Menanam Tanaman Di Dinding Rumah

BACA JUGA: Menjelang Ramdhan, Inilah Bagian-Bagian Penting yang Harus Anda Bersihkan

Menanam tanaman di dinding dalam rumah sedang booming saat ini, karena selain rumah tampak cantik dan unik ada segudang manfaat lainnya loh! Inilah manfaatnya dilansir dari desainrumah99.


1. Membantu meningkatkan kualitas udara dalam ruangan

Polusi ada di sekitar kita, baik di luar maupun di dalam ruangan. Asap beracun dapat menyusup ke udara yang kita hirup. Tanaman hijau yang ada di dinding secara signifikan dapat menyerap racun-racun tersebut. Hampir semua tanaman dapat menyerap udara yang tercemar polusi, dan ada beberapa tanaman tertentu yang dinilai sangat efektif dalam mengatasi masalah tersebut. Semakin banyak tanaman yang ditambahkan, semakin banyak pula racun yang diserap.




Sebuah kebun tanaman vertikal di dinding rumah dapat berisi banyak tanaman. Tanaman dinding dapat membantu menghilangkan formaldehida, karbon monoksida, dan polutan-polutan berbahaya lainnya. NASA telah mengidentifikasi 15 tanaman terbaik untuk diterapkan pada dinding rumah anda, berikut daftarnya.. Anda juga bisa bertanya pada ahli tanaman di sekitar rumah anda.

2. Membantu melindungi dinding rumah

Tanaman dinding di bagian luar rumah menawarkan perlindungan bangunan rumah anda dengan bertindak sebagai pengontrol iklim. Hadirnya ‘kebun’ tersebut dapat mencegah fluktuasi suhu yang ekstrim, yang pada akhirnya akan mencegah terjadinya korosi pada bangunan.



Tanaman dinding bertindak sebagai isolasi alam, menjaga udara di dalam rumah lebih dingin dan terasa sejuk saat cuaca di luar sedang panas-panasnya. Penataan tanaman yang dibuat vertikal memungkinkan bangunan untuk bernapas, melindungi dinding dari derasnya hujan, angin, dan sinar UV yang berbahaya. Tanaman dinding yang ada di luar rumah juga akan menyediakan lingkungan yang alami bagi burung, kupu-kupu, dan lebah.

3. Membantu menghemat energi


Sederhananya, tanaman dinding yang anda terapkan di dalam rumah akan membuat suhu ruangan menjadi sejuk. Anda tidak perlu lagi menyalakan AC atau kipas angin hanya untuk memanjakan diri anda ketika menonton televisi di ruangan keluarga.

4. Membantu mendukung kesehatan anda

Hadirnya tanaman dinding dalam rumah membuat penghuninya merasa nyaman dan tentram. Selain itu, tanaman dinding secara tidak langsung dapat membantu mengurangi rasa stres dan lelah akibat pekerjaan. Seperti yang telah dijelaskan bahwa hadirnya tanaman di sekitar rumah akan mengusir racun atau polusi udara.



Dengan begitu, udara yang ada di rumah anda akan bersih dan bebas dari pencemaran. Selain itu, tanaman dinding menawarkan oksigen yang berlimpah. Adanya oksigen yang berlimpah dan berkualitas baik, akan membuat kesehatan tubuh anda dan keluarga tetap terjaga.

Bagimana? Tertarik untuk membangunnya setelah mengetahui manfaat tersebut diatas? Semoga bermanfaat.

Top