Satu Kebiasaan Buruk Saat Mandi Ini Bisa Bikin Kamu Terkena Kanker Ovarium

Orang Indonesia bisa mandi 2 kali sehari. Selain membersihkan badan, mandi juga dilakukan agar membuat tubuh lebih segar dan bersemangat untuk beraktivitas. Walaupun sudah menjadi kebiasaan, tapi siapa sangka jika mandi ternyata bisa membuat seseorang mengidap kanker, khususnya kanker ovarium.



BACA JUGA:  Selama 13 Tahun, Pria Ini Sudah Selamatkan 321 Orang yang Nekat Hendak Bunuh Diri

Dikutip dari Merdeka, Sebuah penelitian yang dilansir dari boldsky.com menemukan bahwa satu kebiasaan yang sering dilakukan wanita saat mandi bisa membahayakan kesehatan ovarium mereka. Kebiasaan tersebut adalah douching.

"Douching adalah proses dimana kamu menyemprotkan cairan secara langsung ke dalam vagina. Cairan ini bisa terdiri dari air yang dicampur dengan sabun pembersih, baking soda, atau iodine yang dianggap mampu mematikan kuman dan bakteri dalam vagina," ungkap penelitian ini.

"Meski dipandang bisa membersihkan vagina, namun doucing bisa mempengaruhi tingkat keasaman vagina. Bakteri baik juga bisa terganggu sehingga akan menyebabkan infeksi serta iritasi. Terlalu sering melakukan douching bisa menyebabkan munculnya bakteri vaginosis dan kanker ovarium."

"Infeksi vagina yang parah bisa mendorong masuknya bakteri jahat yang menyebabkan penyakit radang panggul. Penelitian sendiri telah menemukan bahwa douching akan meningkatkan risiko wanita untuk terkena kanker ovarium hingga 2 kali lipat."

"Selain peningkatan risiko kanker, douching mampu menyebabkan kekeringan vagina yang berpengaruh dengan tingginya risiko untuk mengalami kelahiran bayi prematur."
Top