Ribuan Netizen Sebarkan Rekaman CCTV Anak Tertimpa Pintu, Ternyata Videonya Salah

Ribuan orang tertipu video rekaman CCTV yang menunjukkan anak kecil tertimpa pintu kaca.
Mereka umumnya percaya, peristiwa dalam video di atas adalah kejadian yang menimpa Ryan Gerald (3), anak pasangan Taoyu Edwin Ade Hartanto dan Taoyu Merwyn Dianora, warga Jalan Lebak Timur Indah No 14, Surabaya.



Seperti diketahui, arek kecil itu meninggal dunia setelah tertimpa pintu restoran XO Cuisine di lantai 3 Grand City Mall, Surabaya, Minggu, 9 Oktober 2016 sekitar pukul 20.00 WIB.

Seperti yang dilansir SURYA.co.id mengetahui video itu mula-mula dari derasnya kunjungan pembaca ke laman ini yang bersumber dari media sosial berbasis video, LiveLeak.

Benarkah video itu merupakan kejadian di Surabaya?

seperti yang di lansir dari surya.co.id menelusuri video serupa di YouTube dan Facebook.

Hasilnya, di YouTube banyak sekali video persis seperti itu. Video yang mungkin paling awal diunggah adalah tertanggal 24 September 2016 seperti di bawah ini.

Keterangan untuk video itu hanya begini: Innalillahi!!! Anak Kecil Tertimpa Pintu Kaca.
Video tersebut jelas lebih awal dibanding peristiwa di Grand City Mall.
Bagaimana persebaran video itu di Facebook?

Ternyata banyak juga orang yang mengunggah namun yang paling viral adalah kiriman video dari akun Facebook Johnny Salim pada 11 Oktober 2016.

Video itu disertai keterangan: "Ini video anak tertimpa pintu kaca disebuah resto,maaf ya ini tujuannya untuk pembelajaran supaya para orang tua lebih waspada".



Terlihat kiriman video itu dibagikan 5.700-an kali dan diputar 204.000-an kali.

Johnny Salim berarti mengunggah video itu 11 Oktober 2016 atau ketika berita terkait peristiwa tersebut mulai diketahui publik.

Padahal, dalam video itu terlihat jelas tanggalnya 20 Agustus 2016.

Johnny Salim tidak menyebutkan sumbernya, dan terlihat nyata bahwa bentuk pintu dalam video di atas berbeda dengan bentuk pintu di  restoran XO Cuisine ini:

Lalu, peristiwa dalam video itu terjadi di mana sebetulnya?

Facebooker berkomentar macam-macam. Ada yang menduga di Medan dan aneka tempat lain.
Kendati banyak yang tertipu, banyak juga yang berkomentar mengajak untuk mengambil hikmah dari kejadian ini: selalu ekstra waspada saat bersama anak kecil.
Top