Rawat Mobilmu Sebagaimana Merawat Tubuhmu, Ini Dia 3 Point yang Harus Kamu Ketahui


Anda tentu pernah mendengar sebuah ungkapan berbunyi, “Perlakukan mobil Anda seperti Anda memperlakukan diri sendiri”.

Bisa dibilang, ungkapan tersebut memang benar. Seperti halnya tubuh manusia yang memiliki sejumlah organ, mobil juga mempunyai sejumlah komponen dan rangkaian mesin yang berfungsi sebagai penggerak. 

Jika Anda lalai merawatnya, mobil pun bisa mengalami “kelelahan” dan “masalah kesehatan”.

Coba bayangkan, dalam satu tahun Anda menggunakan mobil selama 365 hari dengan total waktu tempuh mencapai empat hingga lima jam dalam sehari. 

Sama seperti tubuh manusia yang jika tidak dijaga dan dirawat, tentunya mobil akan mengalami gangguan dan kerusakan di sana-sini. 

Lantas, bagaimana cara menjaga “kesehatan” mesin mobil Anda agar tetap awet seperti sedia kala? Mudah saja. Caranya lebih kurang sama dengan bagaimana Anda merawat dan memperlakukan tubuh sendiri.

Cek “kesehatan” secara rutin
Jika tubuh Anda perlu cek kesehatan rutin untuk medeteksi gejala-gejala penyakit lebih dini, mobil juga sama. Seiring dengan berjalannya waktu dan ditambah dengan pemakaian yang terus-menerus, semua komponen mesin tentu mengalami perubahan, mulai dari kerusakan hingga keausan. 

Servis secara rutin akan membantu memperbaiki permasalahan-permasalahan tersebut dan membantu mendeteksi potensi kerusakan yang lebih besar. Dengan begitu, Anda dapat menghemat biaya perbaikan yang lebih mahal pada masa yang akan datang.  

Pemanasan sebelum beraktivitas
Jangan langsung gunakan mobil Anda secara langsung setelah dihidupkan. Mengapa? Sebab, saat itu oli belum tersirkulasi dengan baik. Setelah lama dimatikan, tunggu beberapa saat sebelum Anda tancap gas. 

Prinsipnya sama dengan tubuh Anda, tanpa pemanasan dan peregangan yang tepat,  tubuh akan terasa sakit jika langsung dipakai beraktivitas berat.

Pilih asupan “nutrisi” yang tepat
Manusia memenuhi asupan nutrisi dengan mengonsumsi makanan bergizi, buah, sayur, vitamin, dan suplemen. Sementara itu, mobil memperoleh “nutrisi” dari asupan bahan bakar. 

Oleh karena itu, hindari memilih bahan bakar yang sekadar murah dan mudah didapat. Bahan bakar yang berkualitas tidak hanya akan menjadi penggerak mobil Anda, tetapi juga membantu merawat mesin.

Pemilihan bahan bakar jangan hanya dilihat dari segi ekonomisnya saja. Pilih yang benar-benar berkualitas dengan satuan RON (oktan) yang sesuai dengan kebutuhan mesin Anda.

Bahan bakar yang seperti ini akan mendorong pembakaran yang sempurna, sehingga residu pada komponen mesin berkurang dan distribusi tenaga lebih efisien. 

Salah satu bahan bakar berkualitas yang layak dipertimbangkan adalah Shell V-Power. 

Shell V-Power dilengkapi dengan double action formula yang mampu membantu mencegah dan membersihkan sisa endapan mesin, sekaligus membantu melindungi sistem pembakaran dengan membentuk lapisan pelindung pada permukaan mesin. 

Dengan Friction Modification Technology (FMT), Shell V-Power juga didesain untuk mengurangi gesekan pada bagian vital mesin, sehingga membantu mesin menyalurkan lebih banyak tenaga untuk laju kendaraan.


Shell V-Power diformulasikan untuk membantu mengembalikan mesin Anda terasa lebih baru. (Adv)
loading...
Top