Pusat Laut Donggala, Sumur Raksasa Terbesar Di Dunia yang Wajib Ditelurusi Kemegahannya!


Belum banyak yang tahu kalau di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, terdapat sebuah obyek wisata yang berbeda dari wisata lainnya di tanah air. Betapa tidak, wisata yang masuk dalam kategori wisata pantai bernama lokal Pusentasi yang berartikan Pusat Laut ini berbentuk seperti sumur raksasa yang berdiameter 10 meter dengan kedalaman tujuh meter.

Pastinya, obyek wisata pantai ini tidak akan ditemui di provinsi lain di Indonesia bahkan negara lain di dunia, selain di Provinsi Sulawesi Tengah. Untuk mengetahui ulasan selengkapnya, simak semunya berikut ini.

Baca juga : Jangan Sampai Diklaim Lagi! Nikmati Keindahan Tersembunyi Pulau Ujung Utara Indonesia, Natuna

Apa yang terlintas di benak kamu ketika mendengar kata “sumur”? Pasti yang kamu ingat adalah sumber air galian yang ada di rumah dan airnya diambil dengan cara ditimba. Tapi sumur yang satu ini, tak seperti sumur pada umumnya.

Berlokasi di Provinsi Sulawesi Tengah, tepatnya di Dusun Simbe, Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala. Sumur raksasa ini bernama Pusentasi yang berasal dari bahasa Kaili atau suku asli Sulawesi tengah, “Pusen” punya arti Pusat, sedangkan “Tasi” berarti laut.


Pusentasi atau yang lebih dikenal dengan nama Pusat Laut Donggala adalah sumur raksasa yang berdiameter 10 meter dan memiliki kedalaman 7 meter. Saat masuk ke dalam, kamu akan merasakan air yang jernih dengan warna yang sangat biru layaknya air laut.

Konon kabarnya, terdapat semacam lubang atau terowongan yang menghubungkan pusat laut Donggala dengan pantai karena jaraknya dari bibir pantai hanya sekitar 500 meter. Maka tak heran, jika air di Pusat Laut Donggala asin dan mengalami pasang surut. Namun anehnya  air di dalam Pusat Laut akan pasang bila air laut surut dan demikian pula sebaliknya. Bahkan, air Pusat Laut tidak pernah keruh meskipun banyak orang yang berenang dan menyelam di dalamnya. Sumur raksasa ini juga disinyalir sebagai sumur raksasa pertama di dunia.

Akses ke Pusat Laut Donggala




Jika ditempuh darat menggunakan kendaraan bermotor, seperti sepeda motor dan mobil dari Banawa ibu kota Kabupaten Donggala hanya berjarak 12 kilo meter. Sedangkan jika ditempuh dari Palu ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah, dengan kendaraan bermotor yang sama hanya berjarak 46 kilo meter, dengan durasi waktu yang anda perlukan tidak kurang dari 45 menit perjalanan.

Biaya masuk ke Pusat Laut hanya Rp 5.000 untuk anak-anak, Rp 10.000 untuk dewasa, dan Rp 15.000 untuk wisatawan asing per orangnya. Biaya masuk itu, hanya anda bayar jika berkunjung di hari-hari libur, seperti libur Idul Fitri, Natal, Tahun Baru dan di hari Minggu biasa. Sedangkan di hari-hari biasanya, mulai Senin hingga Sabtu bagi pengunjung yang masuk tidak dipungut biaya sepeser pun.
loading...
Top