Pilih Mana Ya? Antara Kanopi Atau Pergola?

Untuk membuat ruangan outdoor dengan hanya tutupan diatasnya, biasanya kita menggunakan kanopi atau pergola. Kanopi dan pergola memiliki beberapa perbedaan yang cukup siginifikan.




Beberapa orang memang sering merasa kebingungan antara memilih kanopi atau pergola. Jadi, sebelum memilih lebih baik anda membaca perbedaannya berikut ini..

Secara umum kita beranggapan antara kanopi dan pergola adalah sama, yaitu untuk melindungi sesuatu yang berada dibawahnya. kanopi dan pergola biasa ditempatkan pada ruang luar atau di atas bukaan jendela atau pintu. karena inilah banyak diantara kita menganggap kanopi sama dengan pergola. Padahal jelas kanopi memiliki perbadaan dengan pergola.

Kanopi dan pergola berguna untuk melindungi dari paparan sinar matahari dan hujan. kanopi biasanya digunakan didepan teras, garasi atau car port atau diatas jendela atau pintu, lain halnya dengan pergola yang hanya digunakan di halaman atau depan garasi.



LIHAT : Referensi Model Kanopi

Perbedaan yang paling utama antara kanopi dan pergola adalah pada strukturnya. kanopi menyerupai atap yang berbentuk lengkung atau miring dengan rangka terbuat dari besi, sedangkan pergola tersusun dari rusuk-rusuk kayu sejajar atau selag seling berbentuk datar.

Kanopi pada umumnya memiliki bagian penutup dari bahan terpal, kain atau plastik polimer. Bahan lunak dipakai agar penutup kanopi bisa sesuai mengikuti struktur rangkanya.



LIHAT : Referensi Model Pergola Minimalis

Dilihat dari segi penampilan antara kanopi dan pergola. Pergola umumnya lebih menarik karena biasanya memiliki tumbuhan rambat yang tumbuh menjalar dan menambah kesan asri. Sedangkan kanopi cenderung tampil "klimis" dan simpel karena tersusun dari bahan buatan pabrik.

Itulah perbedaannya, cukup signifikan bukan.. Semoga artikel ini bermanfaat.


loading...
Top