Pembaruan Aplikasi Gmail, iPhone Bisa Cegah Salah Kirim Email


Google merilis pembaruan aplikasi Gmail di iOS, meliputi perubahan tampilan antarmuka dan penambahan fitur baru. Menurut pabrikan Mountain View tersebut, pembaruan ini adalah yang paling signifikan selama empat tahun terakhir. 

Perubahan visualnya cukup mencolok dengan desain yang lebih segar dan transisi lebih mulus. Setidaknya ada tiga fitur baru yang diberikan Google untuk Gmail di iOS, sebagaimana dihimpun Kompas.com dan diteruskan oleh wajibbaca.com, dari blog resmi Google.

Pertama, pengguna bisa menyetop pengiriman e-mail (undo send) yang tak diharapkan sampai ke tujuan. Hal ini berguna ketika pengguna ceroboh, misalnya mencegah e-mail yang harusnya untuk kekasih tapi malah nyasar terkirim ke bos di kantor. 


Caranya mudah, pengguna cukup menekan ikon gear dan pilih opsi Settings pada aplikasi. Selanjutnya, cari opsi Undo Send dan klik box Enable Undo Send. Fitur ini sebelumnya sudah tersedia untuk penjajalan Gmail di desktop. 

Selanjutnya, pengguna bisa menyapu layar (swipe) untuk menyimpan pesan sebagai draft atau menghapusnya. Mekanisme ini diharapkan bisa mempercepat penghapusan pesan tak penting dari kotak pesan masuk (inbox).

Terakhir, Gmail juga memungkinkan pencarian cepat dengan nasihat pengejaan. Misalnya ketika Anda menulis "flighhhtt", kolom pencarian Gmail akan otomatis mencarikan kata kunci "flight".

Calendar juga diperbarui

Selain pembaruan pada Gmail, Google juga memperbarui layanan Calendar untuk pengguna iOS. Kini, desain Calendar untuk tampilan bulanan dan mingguan bisa dibuat lanskap. 

Pengguna bisa menyusun agenda dan melihatnya dengan cara lebih fleksibel. Untuk kontennya, Calendar sekarang sudah mengakomodir penanggalan kalendar Islam dan Hindu. 


Pembaruan ini sudah tersedia di toko Aplikasi Apple App Store. Jika ingin menjajal versi termutakhir, Anda bisa memperbarui aplikasi Gmail dan Calendar di iPhone.
loading...
Top