Mitsubishi Gandeng Nissan Demi Bisa Saingi Avanza?



Pemegang merek Mitsubishi di Indonesia  PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors belum lama ini memajang mobil yang digadang-gadang akan menantang Avanza dan Xenia, yaitu XM Concept dalam perhelatan terbesar di Tanah Air, Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2016.

BACA JUGA : Gelar Perkara Dugaan Kasus Penistaan Agama Oleh Ahok Berformat Teater

Kendaraan small MPV berbasis XM Concept ini memang didesain khusus untuk pasar Indonesia. Karena itu, mobil akan diproduksi secara lokal di pabrik baru Mitsubishi Motors di Deltamas, Cikarang, Jawa Barat.

Namun, mengingat Mitsubishi belum lama ini diakuisisi Nissan, adakah rencana Mitsubishi berkolaborasi mencari bantuan Nissan dalam membuat produk massal XM Concept?

Menanggapi hal tersebut, Head Of Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Sales Group PT KTB, Imam Choeru Cahya mengatakan, sampai saat ini dia belum mendapatkan informasi perihal kerja sama dengan Nissan dalam membuat XM Concept.

Imam menuturkan, Mitsubishi masih melakukan penyempurnaan XM Concept tanpa dibantu Nissan. "Sekarang ini konsentrasi Mitsubishi dulu," kata Imam di kantor KTB, Jakarta Timur.

Kendati demikian, Imam menuturkan, mobil proyek masa depan yang diusungnya tersebut terus mendapatkan penyempurnaan agar siap dipasarkan nantinya di tahun 2017. "Masih on track kok, masih kami perdalam," ujarnya.

Sementara itu, saat ditanya perihal diler yang akan menjual XM Concept nantinya, Imam menuturkan antara Mitsubishi dan Nissan terpisah penjualannya. "Iya, jadinya sendiri-sendiri jualannya," tuturnya.

Seperti diketahui, XM Concept merupakan mobil yang diklaim memiliki desain crossover MPV yang disesuaikan untuk kebutuhan keluarga besar dengan bodi yang lebar dan lay out yang dioptimalkan. Desain Eksterior mobil ini terlihat tegas dengan garis bodi yang sporty dan rapi. Pada bagian depan, desain mobil ini mengadopsi konsep desain Mitsubishi Motors yaitu Dynamic Shield.

Pada sudut kiri dan kanan bumper seolah mengalir bersatu dengan grill hitam. Desain ini mengekspresikan perlindungan yang diberikan, baik untuk penumpang maupun kendaraan, dengan mempertimbangkan keamanan pejalan kaki.

Sementara itu, tampak samping dibentuk oleh desain fender yang mencolok dengan pahatan garis yang berkarakter, khas dari sebuah SUV. Ground clearance mobil ini memang tergolong tinggi dengan perlindungan under-guard di semua sisi pada bodi bagian bawah.

Sedangkan pada desain interior, dibuat tiga baris bangku yang mampu menampung tujuh penumpang. Dasbor horisontal memberi kesan MPV yang kental. Ditambah dengan konsol tengah yang tinggi dan lebar, kontras warna interior hitam atau putih, dan aksen perak yang memancarkan kesan mewah.
loading...
Top