Memiliki Sisa Lahan Tapi Sempit? Manfaatkan Saja Seperti Berikut Ini

Rumah-rumah yang berada di kota, pasti memiliki lahan sisah yang lebih sedikit dibandingkan rumah yang berada di desa atau pingggiran kota. Pasti diantara kalian ada yang ingin memanfaatkan lahan sempit tersebut agar tidak mubadzir.

Memiliki Sisa Lahan Tapi Sempit? Manfaatkan Saja Seperti Berikut Ini
Tips Memanfaatkan lahan sempit samping rumah


Lahan yang sempit memang jarang di manfaatkan, mungkin hanya dijadikan taman. Tapi ternyata anda bisa memanfaatkannya loh, seperti berikut ini

1. Menjadikan Toko Atau Warung


Salah satu cara menambah penghasilan bagi Anda yang memiliki lahan sempit dan kosong di depan rumah yaitu membangun sebuah warung kecil. Anda dapat membuat warung semi permanen atau toko permanen berukuran kecil.

Banyak usaha kecil yang dapat Anda buka di warung atau toko tersebut seperti warung nasi, warnet, toko kelontong, laundry dan usaha lainnya dalam skala kecil namun bernilai ekonomis. Apalagi bagi rumah-rumah pinggir jalan dan di wilayah perkotaan, pasti sangat menguntungkan sekali bukan.

2. Bercocok Tanam  


Ada banyak jenis sayuran yang dapat Anda tanam di lahan sempit, dari selada, bayam, cabai hingga terong. Sayuran tersebut tidak terlalu membutuhkan lahan yang luas kecuali bagi Anda yang ingin serius membudidayakan tanaman sayuran tersebut untuk tujuan ekonomi.

Jika lahan yang Anda punya terlalu kecil, Anda dapat mencoba berbagai teknik penanaman seperti penanaman dengan media pot, hidroponik dan vertikultur dan bahkan anda juga bisa membangun sebuah rumah jamur di lahan sempit anda. Hal ini akan mengurangi kebutuhan anda saat belanja pasar, sehingga lebih hemat dan lebih sehat.

3. Ternak Unggas


Terbatasnya lahan bukan menjadi penghalang bagi Anda untuk memiliki peternakan unggas kecil-kecilan. Manfaatkan lahan yang sedikit untuk berternak unggas khususnya ayam.

Lahan sempit cocok untuk membuat kandang ayam petelur dimana telurnya dapat dikonsumsi sendiri bersama keluarga. Tapi, perhatikan juga kebersihannya ya.. Jangan sampai menjadikannya sumber penyakit yang dapat mengancam nyawa anda dan keluarga.

4. Apotek Hidup Keluarga 


Anda pasti sering mendengar atau bahkan menggunakan obat-obatan tradisional dari bahan herbal seperti kumis kucing, daun sirih, kunyit dan lainnya. Lahan sempit selain dapat digunakan untuk bercocok tanam sayuran dan bumbu masakan, juga dapat ditanami tanaman herbal apotek hidup yang bisa dimanfaatkan langsung oleh Anda keluarga.

Daripada anda menelantarkan begitu saja lahan yang kosong, anda bisa memanfaatkannya seperti di atas. Sehingga anda bisa menghemat dana pengeluaran anda dan bahkan bisa menjadi sumber penghasilan sendiri loh.. Semoga bermanfaat.

Top