Media Sosial Kaskus Dianggap Paling Efisien Bangkitkan Jiwa Pemilih Pemula



Untuk menarik para pemilih pemula menggunakan hak pilihnya, Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta menjalin kerja sama dengan media online berbasis forum komunitas, Kaskus.

BACA JUGA : Wajib Tau, Kesalahan - Kesalah Pemakaian Parfum yang Perlu Dihindari

Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan bentuk cara lembaganya menyosialiasikan serta mengajak masyarakat untuk lebih mengenal para pasangan calon dengan pendekatan melalui media massa berbasis internet.

"Karena menurut kami Kaskus memilik target audience yang kebanyakan pemilih pemula. Kami harap menjadi salah satu wadah sosialisasi yang tepat dengan prinsip netralitas dan imparsial," kata Sumarno di Kantor KPUD DKI Jakarta, Jalan Salemba Raya No. 15, Jakarta Pusat.

Untuk diketahui, anggota aktif (member) yang menggunakan kaskus saat ini berjumlah 9 Juta orang. Bahkan ada 25 Juta orang mengakses situs tersebut dari seluruh Indonesia tiap bulannya. Dari data anggota aktif tersebut, sebanyak 40 persen diketahui berdomisili di Jakarta dengan segmen pengguna di umur 18-25 tahun.

"Antusiasme tinggi kaskuser saat berdiskusi di forum mengenai Pilkada DKI menjadi salah satu pendorong kami untuk menghadirkan platform khusus yang berisikan informasi update yang tentunya telah dimoderasi dari black campaign," kata Chief Marketing Officer Kaskus Ronny W. Sugiadha.

Lebih lanjut Sumarno mengatakan, melihat dari perhelatan pilkada sebelumnya, tingkat partisipasi pemilih khususnya pemula, diketahui terus meningkat. Dengan adanya kerja sama ini, diharapkan para pemilih dengan karakter yang kritis dan rasional  dalam mendapatkan informasi yang komprehensif dari  setiap pasangan calon.

"Maka perlu sentuhan pemilih sesuai jiwa anak muda. Kaskus merupakan situs yang banyak dikunjungi anak muda. Jadi saya pikir ini pilihan yang tepat," kata dia.

Pada Pilkada DKI Jakarta sendiri, Kaskus juga akan mengajak setiap pasangan calon untuk datang ke kantornya untuk mengadakan sesi dialog yang akan disiarkan langsung secara online. Tidak hanya itu, para penggunaan internet  dapat mengakses ke website  pilkada-dki.kaskus, yang memudahkan para Kaskuser sebutan bagi pengguna aktif portal ini, dapat melihat berita-berita populer dan rekam jejak dari setiap calon.

"Kami bersikap netral dan tidak condong pada pasangan calon mana pun. Karena itu kami harap bisa turut menjadi salah satu sumber informasi terpercaya bagi masyarakat untuk mengenal lebih dekat masing-masing pasangan calon dan kemudian turut berkontribusi dengan menggunakan hak pilihnya sebaik mungkin," kata Ronny.

Untuk DKI Jakarta sendiri, jumlah pemilih pemula berdasarkan usia  17 - 21 tahun, KPU menyebut sebanyak 718.571 orang. Mereka memiliki hak suara pada saat masa pencoblosan yang akan dilaksanakan pada 15 Februari 2017.
Top