Mana yang Sering Kamu Lakukan, Dari 9 Kebiasaan Makan yang Bikin Sarang Penyakit Ini?


Jangan berindak konyol yang bisa mempengaruhi kesehatanmu

Kadang bisa saja kita terlihat aneh dimata oranglain saat mereka tahu cara dan kebiasaan makan kita, mungkin cara pegang sendok yang lucu atau bahkan hal extrim membuka tutup botol dengan gigi.

Pernah gak sih, kamu mencoba memperhatikan seperti apa kebiasaan makan yang sering kamu lakukan? Tanpa disadari, seringkali kebiasaan yang kita punya tergolong tak sehat, alias berdampak buruk bagi kesehatan. Supaya gak salah langkah, sembilan kesalahan yang umumnya biasa terjadi yang dikutipdari idntimes.com. Mana aja sih, yang sering kamu lakukan?

1. Masih malas mencuci tangan

Kesalahan pertama yang paling banyak dilakukan ialah jarang mencuci tangan sebelum makan. Bahkan, beberapa orang hanya mencuci tangan dengan air saja, tanpa sabun. Padahal, hal tersebut gak baik lho untuk kesehatanmu. Sebab, makanan bisa aja terkontaminasi bakteri yang berasal dari tanganmu.

2. Makan sambil kerja, makananmu menumpuk di meja kerja

Biasanya sih, kebiasaan ini sering dilakukan oleh para pekerja kantoran yang sedang dikejar deadline. Niatnya sih multitasking, tapi hal ini gak baik untuk kesehatanmu. Sebab, hasil penelitian yang dilakukan oleh University of California menunjukkan bahwa bakteri yang terdapat di meja kerja itu berisiko 400 kali lebih banyak dibandingkan dengan yang ada di toilet umum. Ngeri, ‘kan?

3. Terlalu banyak mengonsumsi makanan asam

“Makan siang pakai bakso sama es jeruk enak kali, ya!” Ngaku deh, pasti banyak dari kita yang sering melakukan hal tersebut. Namun tahukah kamu bahwa makanan asam bisa memberikan pengaruh buruh untuk kesehatan gigi? Sebab, kandungan asamnya berisiko mengikis lapisan email ataupun menurunkan gusi, yang dapat membuka lapisan dentin. Jika hal ini terjadi, kamu akan merasakan ngilu pada gigi, sebab sensasi panas/dingin dari makananmu akan langsung mengenai serat gigi.

Baca Juga : Penelitian: Menjomblo Tak Baik Untuk Kesehatan Karena Lebih Cepat Meninggal Dunia

Rasa ngilu pada gigi ini gak boleh dianggap remeh, guys. Sebab, itu bisa jadi pertanda bahwa kamu memiliki gigi yang sensitif. Agar makan siangmu bisa berjalan lebih lancar dan aman, pastikan untuk segera melakukan penanganan yang tepat. Salah satunya ialah dengan menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif, seperti Pepsodent Sensitive Expert. Gak cuma meredakan ngilu dengan cepat, pasta gigi ini juga bisa memberikan perlindungan sehingga gigi jadi lebih kuat dalam kurun waktu yang lama. Gak perlu khawatir lagi deh untuk seterusnya!

4. Makan terlalu cepat juga memiliki dampak yang negatif

Salah satu kebiasaan buruk lain yang sering dilakukan ialah makan terlalu cepat. Makanan yang dikonsumsi jadi gak terkunyah dengan sempurna. Selain itu, kamu pun berisiko mengonsumsi porsi makanan lebih banyak dari yang dibutuhkan. Sebab, umumnya otak baru bisa mengirimkan sinyal pertanda kenyang sekitar 15-20 menit setelah makan dimulai. Sehingga, tanpa sadar kamu telah menghabiskan porsi yang besar, dalam rentang waktu yang cepat.

5. Posisi duduk saat makan bisa mempengaruhi kesehatan

Seringkali, kita gak memerhatikan posisi duduk di saat makan. Padahal, hal ini berpengaruh besar terhadap kelancaran proses pencernaan makanan di dalam tubuh kita. Mereka yang makan dengan posisi duduk yang asal seperti membungkuk juga cenderung lebih mudah untuk mengalami sakit perut. Jadi, mulai dari sekarang cobalah untuk menghindari kesalahan ini, ya!

6.  Sering ngunyah es batu? Coba pikir ulang kebiasaan yang satu ini

Banyak dari kita yang memiliki kebiasaan mengunyah es batu saat minuman sudah habis. Meski terkesan remeh, sebenarnya hal ini cukup berbahaya, lho. Mengunyah es batu yang bertekstur keras bisa membuat gigi jadi mudah retak. Terlebih, suhu dingin es batu yang cenderung ekstrim bisa menimbulkan rasa ngilu bagi mereka yang memiliki gigi sensitif.


Untuk meredakan rasa ngilu tersebut, kamu bisa gunakan pasta gigi khusus seperti Pepsodent Sensitive Expert. Setiap kandungan di dalamnya dapat memperbaiki lubang tak kasat mata di gigi, sehingga jadi lebih kuat. Bagi kamu yang ingin mencari tahu seperti apa kondisi gigimu, langsung aja cek di Sensimeter dari Pepsodent Sensitive Expert. Di sana tersedia berbagai seluk-beluk tentang gigi sensitif, mulai dari penyebab hingga solusi yang bisa dilakukan. Dengan mengenal kondisi gigimu dengan baik, kamu pun akan lebih mengerti hal apa saja yang perlu dilakukan ataupun dihindari, demi kebaikan kondisi gigimu.

7. Selalu lari ke makanan ketika mengalami stres

Pernah dengar istilah emotional eating? Itu adalah kondisi di kala kita makan untuk meredakan emosi dan membuat diri nyaman, ketimbang karena rasa lapar. Jika diikuti terus-menerus, hal ini bisa membahayakan kesehatan dirimu lho, salah satunya ialah berujung pada obesitas. Untuk itu, sebisa mungkin cobalah mencari distraksi tatkala kamu ingin makan di kala stres, misalnya dengan berolahraga atau mengobrol dengan teman. Gak perlu ragu juga untuk berkonsultasi ke dokter apabila kamu merasa membutuhkannya.

8. Makan sambil nonton TV

Kalau hal yang satu ini pasti sering dilakukan oleh kita semua. Hasil penelitian yang dilakukan oleh University of Birmingham menunjukkan bahwa makan yang diselingi dengan distraksi seperti menonton TV, misalnya, cenderung tidak baik untuk kesehatan. Sebab, otakmu teralihkan untuk mengirimkan sinyal kenyang pada tubuh. Itulah akibatnya kamu mudah merasa lapar lagi, meski sebenarnya baru saja makan beberapa jam yang lalu.

9. Menggunakan gigi sebagai pembuka makanan atau minuman

Baik itu merobek bungkus makanan ataupun membuka tutup botol dengan gigi, kebiasaan seperti ini cenderung gak dianjurkan. Sebab, bisa membuat lapisan gigi rusak, yang bisa membuatnya jadi tak terlindungi. Jadi, sebisa mungkin hilangkan kebiasaan ini ya!

Apabila dibiarkan, kesalahan-kesalahan yang biasa dilakukan di kala makan bisa membahayakan kesehatan, terutama bagi mereka yang memiliki gigi sensitif alias #GigiBaper. Untuk itu, pastikan untuk mencari tahu terlebih dahulu seperti apa kondisi gigimu di Sensimeter. Tak hanya itu, kamu pun juga bisa mendapatkan sample Pepsodent Sensitive Expert secara gratis, yang bisa digunakan untuk atasi gigi sensitifmu. Yuk, lebih peduli dengan kesehatan dirimu dari sekarang!

Top