Makin Diwaspadai, Trend Positif Chelsea yang Makin Mengerikan



Di pekan ke-11 Premier League musim ini, Chelsea tampil trengginas. Skuat asuhan Antonio Conte membuat lawan-lawannya makin waspada setelah menang telak lima gol tanpa balas atas Everton.

Bermain di Stamford Bridge, Sabtu 5 November 2016, Chelsea membuka keunggulan melalui Eden Hazard pada menit ke-19. Semenit kemudian, Marcos Alonso menggandakan keunggulan.

BACA JUGA : Hello Kitty Run, Gaya Lari Jepang yang Telah Diadopsi di Indonesia

Keperkasaan The Blues tak mampu dibendung oleh Everton. Tiga menit jelang turun minum, giliran Diego Costa yang mencatatkan nama di papan skor. Di babak kedua, Hazard dan Pedro Rodriguez sukses menggenapkan kemenangan.

Seusai pertandingan, Conte tak mampu menyembunyikan kegembiraannya. Juru taktik asal Italia tersebut mengaku sangat puas melihat penampilan anak asuhnya. "Saya turut senang untuk para pemain, mereka fantastis. Kami harus terus bekerja keras," ujarnya dilansir BT Sport.

Opta melansir, dalam pertandingan tersebut, lini penyerangan The Blues amat efektif. Empat gol pertama Chelsea ke gawang Everton tercipta dari empat tendangan ke gawang yang dilepaskan oleh Thibaut Courtois.

Meski begitu, Conte tak ingin jemawa. Lima kemenangan beruntun The Blues di Premier League diakuinya masih harus diikuti dengan kerja keras dalam latihan. Untuk itu dia meminta skuat asuhannya tetap fokus menatap pertandingan selanjutnya.

"Kami tidak ingin mengirimkan pesan kepada tim lain. Lebih penting bagi kami untuk memikirkan tim kami sendiri, untuk berpikir dan tetap fokus di pekerjaan kami. Bukan untuk melihat tim lain," kata Conte dilansir dari Soccerway.

Cetak 16 Gol Tanpa Kebobolan

Ada dua fakta menarik dari catatan statistik Chelsea dalam lima pertandingan terakhir di Premier League. Mereka mampu menyarangkan 16 gol ke gawang lawan, dan sukses menjaga gawang Courtois tak kebobolan.

Dengan memakai pola tiga bek, The Blues memang menjadi salah satu tim terbaik dalam sisi pertahanan. Sejauh ini, mereka menjadi kontestan Premier League paling sedikit mengalami kebobolan dengan sembilan gol.

“Saya pikir kami bermain sepakbola yang bagus, kami menciptakan peluang untuk mencetak gol dan menjaga clean sheet kelima secara beruntun," tutur Conte. Pertahanan kokoh memang sudah diprediksi banyak pihak sejak manajemen Chelsea mengumumkan Conte sebagai manajer musim ini.

Fakta lain yang dapat membuktikan betapa kokohnya pertahanan Chelsea terjadi di pertandingan melawan Everton. Tim tamu dibuat sama sekali tak mampu melancarkan ancaman ke gawang Courtois.

Catatan itu sudah lama sekali ditorehkan oleh The Blues. Pada 2013 silam, mereka melakukan hal yang sama ketika mereka berhadapan dengan Reading di kompetisi kasta tertinggi sepakbola di Negeri Ratu Elizabeth.

Chelsea juga berhasil mencatatkan lima kali kemenangan dalam enam pertandingan kandang Premier League musim ini. Jumlah tersebut sama dengan yang mereka catatkan saat berlaga di Premier League musim 2015-16 lalu.

Eden Hazard Sang Megabintang

Mencetak dua gol ke gawang Everton semakin menegaskan betapa pentingnya Hazard bagi Chelsea. Pemain yang sejauh ini sudah mencetak tujuh gol dan satu assist bagi The Blues di Premier League layak dianggap sebagai megabintang.

Peranannya di lini tengah sebagai kreator serangan seringkali membuat lawan kerepotan. Apalagi dia mahir dalam melakukan akselerasi hingga ke dalam kotak penalti. Tak ayal, Conte menganggap pemain asal Belgia ini memiliki bakat luar biasa.

“Eden Hazard bermain dengan impresif. Kita semua tahu dia adalah pemain berbakat, saya melihatnya banyak bekerja untuk tim dan rekan setimnya sangat senang karenanya. Dia harus terus seperti itu, ia menunjukkan bakatnya di setiap laga," ungkap Conte.

Dalam empat pertandingan terakhir di Premier League, Hazard selalu menyumbangkan gol bagi The Blues, dan berakhir dengan kemenangan. Ini menjadi catatan apik perdananya sejak berseragam biru-biru pada 2012 silam.

Mendapat banyak pujian, eks pemain Lille itu enggan jemawa. Dia bahkan menganggap apa yang telah ditunjukkan sejauh ini sama sekali tak mencerminkan yang terbaik. Dan di laga melawan Everton, seharusnya Chelsea mampu mencetak lebih banyak gol.

"Kami mencetak gol yang cukup indah. Kami seharusnya bisa mencetak lebih banyak gol di laga tersebut. Kami bermain baik dan menciptakan banyak peluang," kata Hazard, seperti dilansir Evening Standard.
loading...
Top