Ketahuilah! 5 Perabot Dapur Ini Harus Anda Bersihkan Tiap Hari Loh!

Dapur memang menjadi tempat untuk membuat makanan, tapi karena hal inilah yang menjadikan kuman dan bakteri tumbuh di dapur. Dapur yang kotor tidak akan menjadikan suatu masakan mejadi lezat, justru menjadikannya sumber penyakit di rumah.

Ketahuilah! 5 Perabot Dapur Ini Harus Anda Bersihkan Tiap Hari Loh!
5perabot dapur yang Harus di bersihkan Tiap Hari 


Agar hal itu tak terjadi anda harus membersihkan dapur secara berkala agar tetap bersih dan tetap menghasilkan makanan yang enak dan lezat. Namun, ada beberapa barang yang harus di bersihkan tiap hari dan Referensi Rumah telah merangkumnya berikut ini.

1. Piring 


Anda dan keluarga tentu setiap hari menggunakan piring maka perlu dipastikan kebersihannya sebelum dipakai. Pastikan Anda tidak menumpuk piring kotor selama semalaman yang bisa merusak permukaannya serta menimbulkan bakteri.

Begitu juga perabot lain, seperti gelas, wajan, panci, sendok juga harus dibersihkan sesegera mungkin. Usahakan jangan selalu menimbun perabot kotor, lebih baik langsung di cuci setelah di pakai.

2. Meja Dapur 


Beberapa wanita biasa meletakkan bahan mentah makanan olahan di atas meja dapur. Maka dari itu perlu membersihkannya setiap hari setelah memasak. Membersihkan meja dapur sangat mudah, cukup ambil kain basah dengan permukaan lembut lalu campurkan dengan sabun pembersih piring. Anda juga bisa membuat 'deterjen' sendiri dengan menggunakan air lemon yang bisa menghilangkan bau serta noda di atas meja.

3. Kompor 


Setelah Anda selesai masak, pastikan kompor bersih kembali terutama bagian tungkunya. Tak menutup kemungkinan lempengan besi pada kompor terkena percikan makanan yang kalau didiamkan bisa menjadi tempat tumbuhnya bakteri. Selain bakteri, noda makanan juga bisa merusak tungku kompor Anda.


4. Wastafel 


Bersihkan wastafel setiap habis mencuci piring agar tidak ada kuman bersarang di sekitarnya. Tuang air cuka dan garam, lalu disikat menggunakan sikat yang lembut agar tidak menyebabkan goresan. Air cuka mampu menghilangkan aroma tak sedap dan garam bisa menghilangkan noda membandel yang menempel pada wastafel.

5. Microwave 


Microwave juga harus segera dibersihkan setelah digunakan. Hal ini berguna untuk menghilangkan aroma dari makanannya. Belum lagi jika dipakai untuk memanaskan makanan berminyak yang akan membuat microwave menjadi kotor. Jika tidak langsung dibersihkan bisa berisiko mudah berkarat yang membuat microwave cepat rusak.

Baca Juga : Microwave Kotor dan Bau? Ikuti Cara Membersihkan Microwave Dengan Tepat Berikut Ini

Menjaga kebersihan memang diperlukan bukan, jadi jangan bermalas-malas lagi dalam membersihkan rumah terutama dapur ya,. Semoga bermanfaat..

sumber: detik 
loading...
Top