Ketahui Segera 11 Penyebab Anda Bisa Alami Kurang Darah


Kurang darah dapat dialami siapa saja yang terjadi karena kebiasaan menyantap makanan yang kurang memiliki kandungan zat besi. Kurang darah merupakan gejala kelainan tubuh yang disebabkan karena minimnya jumlah sel darah merah, Sel darah putih dan sel pembekuan darah didalam tubuh atau bisa juga karena seseorang sedang mengalami penrunan kualitas sel darah merah secara berlebihan.

Pemicu gejala kurang darah dapat muncul karena berbagai hal yang berbeda-beda namun mempinyai dampak buruk yang sama terhadap kesehatan tubuh, penyebab tersebut diantaranya adalah.

BACA JUGA : Tanda - Tanda Kurang Darah Paling Mendasar Yang Wajib Anda Ketahui

1.Menstruasi

Pada wanita yang sedang mengalami menstruasi maka akan mengeluarkan darah dalam beberapa hari. Sikulus menstruasi selalu diikuti dengan penurunan zat besi dalam tubuh karena sel sel darah merah cenderung hilang sedikit demi sedikit bersama darah yang keluar, Tak heran jika para wanita menstruasi akan merasaka kondisi tubuhnya sedikit melemah atau lemas karena terserang tanda tanda kurang darah.

2. Kehamilan

Ibu hamil yang tidak mengkonsumsi makanan yang berstandar 4 sehat 5 sempurna pada masa kehamilannya rentan terserang gejala kurang darah. sel sel darah merahnya akan terus mengalir lewat plasenta untuk kemudian dialirkan pada tubuh janin. Jika sel darah berkurang pada masa kehamilan maka dampak buruknya adalah janin dalam kandungan akan menderita tanda tanda kurang darah yang bisa menganggu kesehatan organ tubuhnya yang belum sempurna, Misalnya tubugh janin tidak dapat berkembang secara normal.

3. Kurang asupan zat besi dan vitamin B12

Anak anak, Orang dewasa dan para lansia yang mengkonsumsi makanan kaya serat dan mineral tetapi rendah zat besi dan vitamin B12 maka akan terserang tanda tanda kurang darah ringan yang jika terus menerus terjadi akan menjadi penyakit anemia kronis.

4. Gangguan fungsi hati

Organ hati yang menderita kerusakan menyebabkan hati kehilangan kemampuannya untuk menyaring dan mengendalikan penumpukan racun dalam tubuh sehingga sel sel darah menurun kualitasnya. Sel darah akan tercemar racun tubuh dan menyebabkan seseorang terserang tanda tanda kurang darah atau gejala anemia.

5. Keracunan zat kimia obat

Keracunan zat kimia obat merupakan reaksi yang terjadi dalam tubuh yang biasanya diikuti adanya infeksi. Zat kimia obata cenderung mengiritasi organ tubuh tertentu seperti lambung, Ginjal ataun hati. Infeksi yang telah melebar biasanya akan terjadi pendarahan. Pendarahan beresiko menyebabkan sel sel darah merah didalam tubuh semakin berkurang.

6. Gangguan sumsum tulang belakang

Seseorang yang mengalami gangguan atau kelainan pada sumsum tulang belakang beresio akan menderita kerusakan sel sel darah merah. Karena sumsum tulang sangat berhubungan dengan produksi sel sel drah merah.

7. Alkohol

Seseorang yang biasa mengkonsumsi alkohol berlebihan dan jangka panjang beresiko menderita kekurangan sel darah merah. Alkohol dapat mengiritasi dan menginfeksi organ tubuh yang dapat menimbulkan pendarahan. Alkohol mampu merusak jaringan sel sel darah merah dan mencemarinya. Sel darah yang kotor dapat menyebabkan jumlah sel darah merah normal menjadi semakin berkurang. (Baca juga : Cara menghilangkan alkohol dalam tubuh)

8. Perokok berat

Rokok selain menyumbat peredaran darah, Mengotori pembuluh darah ternyata dapat pula menghalangi oksigen masuk kedalam tubuh, Akibatnya sel sel darah menjadi tidak sehat. Sel darah yang kotor akibat cemaran nikotin dapat menyebabkan tubuh menjadi kekurangan darah dan beresiko terserang anemia kronis. (Baca juga : Bahaya merokok bagi tubuh yang mematikan)

9. Kurang tidur

Kebiasaan tidur larut malam dapat menghalangi asupan oksigen untuk bisa masuk kedalam tubuh dalam jumlah yang melimpah. Kurangnya asupan oksigen dapat mempengaruhi kualitas sel sel darah merah dan Sel darah putih. Tak heran jika kurang tidur dimalam hari dapat mengurangi jumlah sel darah didalam tubuh yang menyebabkan seseorang selalu merasa cepat lelah, Sakit kepala, Mudah terserang flu dan tidak dapat konsentrasi. (Baca juga: Penyakit akibat kurang tidur)

10. Vegetarian

Orang orang yang memilih gaya hidup sebagai vegetarian (tidak makan daging) sebenarnya baikj bagi kesehatan tetapi daging adalah sumber protein,Zat besi dan vitamin B12 yang tinggi. Jika seorang vegetarian tidak mengganti daging yang dia hindari dengan asupan makanan lain yang mengandung zat besi dan vitamin B12 maka dalam jangka panjang tubuhnya akan kurang darah dan terserang anemia berat.

11. Genetik

Untuk orang yang memiliki riwayat anemia yaitu terjadi pada kedua atau salah satu orangtuanya maka keturunannya wajib rajin dan konsistem mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi serta vitamin B12 didalam kebiasaan makan sehari hari.
Top