Kesulitan Mengatur Gaji? 4 Tips Cermat Ini Akan Memudahkan Anda

Banyak orang-orang yang sulit atau bahkan tidak tahu bagaiaman sih mengatur gaji bulanan agar bisa tahan sebulan dan tersisah? Hal inilah yang mengakibatkan anda kehabisan uang padahal tanggal gajian masih lama.

Kesulitan Mengatur Gaji? 4 Tips Cermat Ini Akan Memudahkan Anda
Tips Mengatur gaji dengan cermat



Mengatur gaji memang susah-susah gampang, karena jika salah langkah maka akan terjadi kekurangan finansial. Untuk menghindari hal itu, Referensi Rumah punya tips yang memudahkan anda dalam mengatur gaji.

1. Tabunglah Gaji Anda



Banyak orang yang menabungkan sisa gajinya setelah gajian berikutnya, namun ternyata hal itu salah. Cobalah untuk menabung gaji anda sebelum menggunakannya dan menghabiskannya untuk menekan pengeluaran yang tidak terlalu dibutuhkan.

2. Buat Anggaran Bulanan 



Rencanakanlah anggaran bulanan anda dengan membuat daftar pengeluaran kebutuhan menjadi dua bagian. Untuk kebutuhan primer seperti makan, ongkos bekerja, tagihan listrik, cicilan rumah, cicilan motor dan lain sebagainya. Sedangkan untuk kebutuhan tersier, buatlah anggaran untuk shopping, traveling, hingga anggaran hangout dengan teman-teman atau rekan kerja Anda.

3. Bayar Tagihan Secepatnya



Bayarlah semua tagihan saat setelah menerima gaji, dari mulai tagihan listrik, telepon, cicilan, dan lain sebagainya. Hal ini penting, agar tidak mengganggu biaya kebutuhan Anda sehari-hari. Dengan memisahkan atau membayarkannya terlebih dahulu tentu akan membuat Anda lebih tenang untuk mengatur pengeluaran bulanan lainnya.

4. Berinvestasi


Setelah Anda menyisihkan untuk tabungan dan gaji bulanan pada kebutuhan sehari-hari. Namun masih ada kelebihan dana dari gaji tersebut. Ada baiknya Anda menggunakan dana tersebut untuk investasi dengan mengikuti Asuransi, Reksa Dana, maupun membeli emas ataupun perhiasan dengan nilai jual tinggi.

Hal ini berbeda dengan menabung, jika menabung Anda bisa mengambilnya setiap saat. Di Investasi, uang yang Anda simpan dalam bentuk lain dan tidak bisa Anda ambil kapanpun sesuai keinginkan. Cara ini tidak hanya membuat uang Anda diam di tempat, namun juga dapat menguntungkan Anda di masa depan.

Berbijaklah dalam melakukan apapun terutama dalam masalah gaji, agar selalu terpenuhi di masa sekarang dan di masa depan. Semoga bermanfaat.

sumber:cermati
Top