Kesal Melihat Kamar Mandi Kotor yang Dipenuhi Lumut? Hilangkan Saja dengan Tips Ampuh Berikut Ini

Kamar mandi memang tempat yang dipenuhi air, oleh karena itu kamar mandi menjadi sebuah tempat yang kotor dan lembab. Lumut sangat suka hidup ditempat yang lembab sehingga tak jarang kamar mandi menjadi dipenuhi lumut.

Kesal Melihat Kamar Mandi Kotor yang Dipenuhi Lumut? Hilangkan Saja dengan Tips Ampuh Berikut Ini


Untuk membersihkannya juga sangat susah karena sangat banyak dan sulit sekali dibersihkan. Tips berikut ini akan mempermudah anda membersihkannya yang telah kami rangkum dari tipsrumah.

1. Pemutih Pakaian


Campurkan cairan pemutih pakaian dan air dengan perbandingan 1:4. Aduk rata lalu siramkan campuran air dan pemutih pakaian ini ke lantai atau dinding kamar mandi yang berlumut. Setelah disiram, sikat segera permukaan lantai/dinding sampai bersih. Setelah bersih bilas dengan air dan keringkan.

2. Cuka



Cuka putih yang biasa digunakan untuk memasak juga bisa digunakan untuk menghilangkan lumut. Caranya dengan mencampur cuka putih dengan air lalu disiramkan ke area berlumut lalu digosok sampai bersih, dan jangan lalai untuk segera membersihkan sisa cuka dengan air karena cuka bisa merusak lapisan lantai atau dinding kamar mandi bila dibiarkan terlalu lama.

Untuk bagian lantai atau dinding yang lumutnya sangat tebal, bisa menggunakan cuka murni tanpa diencerkan dengan air terlebih dahulu.

3. Baking Soda



Baking soda dan cuka adalah bahan-bahan yang umum digunakan untuk membersihkan kotoran dan kerak membandel di rumah. Untuk lumut pun, baking soda bisa diandalkan. Pastikan terlebih dahulu, Anda tidak membersihkan lantai yang tidak tahan dengan baking soda dan cuka, seperti lantai marmer atau lantai kayu.

Cara menggunakan baking soda ini adalah dengan mencampur baking soda dengan air sehingga berbentuk seperti pasta. Lalu gosokkan pasta baking soda ini di bagian lantai atau dinding kamar mandi yang berlumut. Setelah lumut bersih, segera siram dan bilas sampai bersih sampai tidak ada sisa-sisa baking soda lagi yang tertinggal.

4. Garam



Sebaiknya anda menggunakan garam bata atau garam yang dijual dalam bentuk balok/kotak-kotak dan tidak menggunakan garam meja atau garam halus. Cara membersihkan lumut dengan garam adalah dengan membuat campuran 1 cangkir garam rebus sampai mendidih dalam satu liter air.

Setelah mendidih, siramkan sebagian larutan garam ini ke bagian lantai atau dinding yang berlumut. Lalu kerok dan bersihkan lumut yang menempel dengan kape atau sikat besi. Setelah lumut rontok, siram lagi dengan sisa larutan garam. Setelah itu keringkan.


Mudah banget kan, untuk anda yang tidak suka menggunakan bahan kimia anda juga bisa mencobanya dengan bahan alami di atas dan dijamin lumut akan hilang dan kamar mandi jadi lebih kinclong. Semoga bermanfaat.

loading...
Top