Kepikiran membeli Rumah Bekas? Perhatikan Dulu Hal-hal Penting Berikut Ini

Membeli rumah ada banyak cara dan jenis nya, ada rumah baru, bekas atau bisa juga membangunnya sendiri. Untuk cara pembelian anda bisa membeli ke pengembang atau ke orang yang menjual rumah tersebut langsung.

Kepikiran membeli Rumah Bekas? Perhatikan Dulu Hal-hal Penting Berikut Ini

BACA JUGA: Berniat Membeli Rumah? Wajib Memperhatikan 9 Faktor Berikut Ini!

Pasti anda pernah berpikiran untuk membeli rumah bekas daripada baru dengan berbagai alasan. Tapi, sebelum anda membeli rumah bekas, perhatikan dulu hal-hal penting berikut ini agar tidak menyesal dikemudian hari dikutip dari majalahasri.

Pikirkan Biaya Renovasi


Rumah bekas bisa saja memiliki kecacatan yang memerlukan Anda melakukan renovasi. Bandingkan harga rumah bekas ditambah biaya renovasi dengan harga rumah baru. Jika renovasi yang dilakukan tidak terlalu banyak dan tidak memakan biaya besar, membeli rumah bekas bisa Anda pertimbangkan.

Lokasi  dan Akses Transportasi


Perumahan-perumahan yang berisi rumah baru pada umumnya tidak akan Anda temukan di pusat kota. Biasanya rumah-rumah baru terletak di pinggiran Jakarta yang biasanya sulit diakses angkutan umum. Untuk tinggal di perumahan yang berlokasi di daerah sub urban tentunya Anda memerlukan kendaraan untuk memudahkan Anda ketika berpergian.

Harga


Harga rumah baru tentunya tidak bisa dinegosiasikan lagi, karena sudah harga pasti. Itulah bedanya dengan rumah bekas, Anda sebagai pembeli dan penjual masih bisa melakukan negosiasi untuk menentukan harga yang disepakati kedua belah pihak. Namun Anda perlu tahu berapa kisaran harga pasaran rumah bekas di daerah tersebut, bisa saja penjual menaikkan harga dengan tidak realistis.

Perhatikan Kondisi dengan Detail


Rumah bekas tentunya tidak memiliki keadaan 100 persen prima, kecuali pemilik sebelumnya telah merenovasinya terlebih dahulu. Kualitas konstruksi dan info bahan bangunan rumah baru dapat diketahui dengan jelas. Tata ruang rumah baru juga biasanya lebih baik, sehingga Anda tidak khawatir rumah yang kurang ventilasi dan semacamnya. Sedangkan kekuatan bangunan rumah bekas yang umurnya sudah tua akan rentan dan nilainya menurun.

Perhatikan lingkungan


Salah satu yang terpenting adalah perhatikan lingkungan rumah tersebut, apakah lingkungannya bersih, subur atau kotor. Perhatikan juga penduduk setempat dan keamanannya yang akan menjadi calon tetangga anda. Akses pendidikan dan kesehatan juga harus anda perhitungkan untuk kehidupan anda kedepannya.

Semoga setelah membaca tips diatas anda tidak akan salah pilih untuk menentukan rumah bekas yang akan anda beli. Semoga bermanfaat.

Top