kendalikan Tank, Inilah Kacamata AR Dari Microsoft


HoloLens buatan Microsoft ternyata bukan sekadar aksesoris game atau dipakai di dunia virtual saja. Setelah dimodifikasi, kacamata augmented reality (AR) ini bisa jadi alat bantu untuk mengendalikan tank.

Modifikasi yang dimaksud telah sukses dilakukan oleh sebuah perusahaan Ukraina, LimpidArmor dan Ukrinmash. Hasilnya berupa sebuah kacamata HoloLens yang menjadi satu dengan helm tempur, yang diberi nama Circular Review System (CRS).

Sebagaimana dilansir Kompas dari Engadget dan diteruskan oleh wajibbaca.com, helm LimpidArmor ini memiliki software khusus dan terhubung dengan kamera optik dan thermal yang diletakkan di berbagai sisi tank.

Dengan demikian, pemakai helm bisa memantau kondisi sekeliling tank dalam pandangan 360 derajat. Bila ingin melihat dengan pandangan normal, maka yang digunakan adalah kamera optik. Sedangkan bila membutuhkan penglihatan inframerah, maka tinggal menggunakan kamera thermal yang ada.

Pandangan yang direkam oleh kamera di luar akan langsung dialirkan dalam bentuk video resolusi tinggi, secara real time, ke kacamata HoloLens. Karena ini merupakan kacamata AR, maka aliran video yang ditampilkan itu bercampur dengan dunia nyata di hadapan mata pengguna.

Selayaknya peralatan militer, HoloLens yang telah dimodifikasi ini juga memiliki kemampuan untuk membantu pertempuran. Misalnya, adanya fitur yang membuat kamera bisa menyorot dan memberi tanda untuk membedakan posisi kawan atau lawan.


Softaware dalam HoloLens tersebut juga telah dimodifikasi dengan alat yang bisa melacak target secara otomatis, serta sistem yang bisa mencari, mengunci dan meluncurkan misil.
Top