Jangan Sembarang Memilih! Ketahui Makna dan Doa Dibalik Motif Henna Sebelum Pernikahan


Daun pacar atau Inai dan bahkan ada yang menyebutnya dengan Henna, adalah tumbuhan yang biasa digunakan kaum wanita untuk menghias kuku. Sudah sejak jaman dulu, wanita di Semenanjung Medeterania, Melayu dan juga Indonesia menggunakan daun tersebut untuk mewarnai kuku agar terlihat cantik. Selain untuk mewarnai tangan dan kaki, daun inai juga berguna untuk mengobati luka ringan seperti kulit tergores dan sebagainya. Sebagian prosesi pernikahan tradisional di beberapa daerah di negara kita, menggunakan henna di tangan atau kaki adalah salah satu hal yang harus ada untuk mempercantik diri sang mempelai wanita. Bukan hanya sebagai aksesoris agar terlihat cantik saja, namun ada beberapa makna dibalik motif henna yang jarang diketahui orang. Nah, sebelum asal memilih motif, ada baiknya jika melihat makna yang tersimpan di dalam henna berikut ini.

1. Bukan hanya tentang kecantikan, henna desain bunga diharapkan membawa kebahagiaan dan kesuburan


Henna desain bunga biasanya dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu bunga yang sudah mekar dan kuncupnya. Secara umum, henna dengan desain bunga merupakan harapan akan mekarnya kebahagiaan dalam pernikahan kalian. Ditambah lagi, kuncup bunga merupakan sebuah perlambangan awal baru dalam hidup, yang mana layaknya sebuah tanaman yang dipupuk cinta, diharapkan tumbuh dengan penuh kesuburan dan kebahagian.

2. Desain bunga teratai yang mistis dan penuh makna filosofis cocok dipakai untuk kalian yang spiritual


Selain bunga secara umum, ada juga desain henna bunga teratai yang cukup terkenal di India dan Timur Tengah. Bunga teratai sendiri bukanlah desain biasa terutama bagi budaya timur. Di berbagai negara di Asia termasuk Indonesia, bunga teratai merupakan perlambangan akan kecantikan dan kesucian. Digambarkan pada tangan seorang wanita, diharapkan dia akan terlihat memukau dan suci di hari pernikahannya. Selain itu, desain bunga teratai juga dikatakan dapat membuka jiwa dan mata batin seseorang.

3. Cantiknya desain kupu-kupu, meskipun jarang dipakai namun ada makna luar biasa didalamnya


Sayap kupu-kupu yang grafis memang merupakan sebuah kecantikan alam yang tak jarang menjadi inspirasi desain henna. Selain cantik, desain henna kupu-kupu memiliki sebuah makna tersendiri. Kupu-kupu merupakan simbolisasi transformasi yang menghantar wanita ke kehidupan barunya setelah menikah. Sehingga dimana segalanya tentang mempelai wanita akan berubah dari kebiaasannya dulu saat belum menikah.

4. Desain sulur atau tanaman merambat tak kalah cantik dan tak kalah bermakna bagi seorang pengantin wanita yaitu panjangnya usia pernikahan


Tanaman sulur atau merambat juga sering dijadikan inspirasi desain henna untuk pengantin. Beda seperti benalu yang memiliki konotasi negatif, sulur-sulur seperti tanaman anggur dan bunga-bunganya yang cantik bisa menjadi sebuah desain henna yang penuh makna. Tanaman merambat beserta daunnya yang lentik dan bunganya yang permai merupakan lambang akan usia panjang pernikahan.

5. Bagaikan penghantar seluruh doa ke surga, burung dijadikan desain henna bagi para pengantin wanita


Burung secara umum memiliki simbol spiritual yang cukup unik. Burung merupakan sebuah perlambang kebebasan dan juga perspektif dalam hidup. Tapi, secara spesifik mereka juga sering dianggap sebagai pengantar doa dari dunia fana ke dunia baka. Oleh karena itu banyak pengantin yang meminta desain henna ini agar impian-impian pernikahannya terkabul.

6. Menjadi pengantin yang disucikan kembali dengan henna desain air


Desain air pada henna biasanya berbentuk ombak atau gelombang-gelombang air. Desain seperti ini mempunyai harapan agar kelak si mempelai wanita dapat lebih mawas diri dan bersikap lebih fleksibel layaknya air. Diantaranya juga air sebagai salah satu media pensuci diharapkan bisa mensucikan hati dan pikiran pengantin untuk memulai kehidupan yang baru.

7. Bukan hanya sumber kehidupan, desain henna matahari juga merupakan perlambangan cinta yang abadi


Matahari merupakan merupakan simbol kehidupan di berbagai budaya, termasuk di Indonesia. Desain henna matahari sendiri biasanya lebih simpel, tapi memiliki makna yang kuat. Dalam desain henna, matahari merupakan sebuah perlambangan cinta yang abadi bagi kedua mempelai pengantin.

8. Biar cepat diberi momongan, coba deh pakai desain henna bulan dan bintang!


Selain matahari, ada juga desai bulan dan bintang yang juga memiliki makna tersendiri. Bulan dan bintang yang digambar bersamaan merupakan doa akan perlindungan dan juga kesehatan bagi kedua belah mempelai. Sedangkan desain henna bulan sabit adalah harapan agar cepat diberi momongan.

Nah, bagi yang ingin menggunakan henna saat pernikahan nanti, jangan sampai asal. Motif yang merupakan doa untuk banyak hal inilah yang bisa dipilih untuk memulai rumah tangga yang baru.
Top