Jangan Katakan Terlambat Untuk Membahagian Orang Tua

Kadang kita lupa untuk berbakti kepada sosok orang tua. Tapi, tak jarang juga seseorang baru ingat mengenai kelalaiannya tersebut disaat orang tuanya sudah tiada. Sibuk, itulah alasan yang sering kita lontarkan kepada mereka.



BACA JUGA: Bagi Kamu yang Masih "Penasaran" Apa Itu Cinta Sejati

Padahal hanya dengan menegoknya saja, dijamin orang tua kita di kampung pasti akan membuatnya bahagia. Mengirim uang bulanan akan membuat mereka bahagia? Hmm.. tidak, tidak sebahagia mereka bertemu dengan sosok buah hati tercintanya.

Penyesalan datang di akhir


Meskipun orang tua telah meninggal, kita masih bisa berbakti kepada keduannya. Rasulullah SAW menasihati kita apabila punya orang tua yang sudah tiada kita bisa mendoakannya. Kita mohon ampun kepada Allah agar Ia menghapuskan dosa-dosa orang tua kita. Kita berdoa agar Allah menyayangi kedua orang tua kita di alam kubur sebagaimana orang tua kita dulu menyayangi kita.



Kita juga bisa menunaikan wasiat kedua orang tua kita. Apabila orang tua kita sebelum meninggal mewasiatkan suatu sedapat mungkin kita laksanakan sepanjang tidak bertentangan dengan hukum agama. Misalnya orang tua berpesan bahwa setelah meninggal separuh hartannya harap diserahkan di panti asuhan anu. Sebagai anak yang berbakti kita melaksanakan wasiat tersebut dengan memberikan sepertiga harta waris tersebut kepada panti asuhan yang ditunjuk orang tuanya. Anak yang berbakti ini tahu bahwa menurut hukum agama harta waris yang boleh dipakai untuk wasiat tidak bolh lebih dari sepertiga. Jadi menunaikan wasiat sambil meluruskannya secara agama.

Sebuah kebiasaan yang baik orang tua juga bisa diteruskan oleh sang anak. Hal ini termasuk berbakti kepada keduanya. Misalnya orang tua sering bersilaturahmi kiepada saudara atau kawan-kawannya. Setelah meninggal sang anak meneruskan kebiasaan itu dengan mengunjungi saudara dan kawan-kawan ayahnya. Dengan demikian silaturahmi terus terjalin meskipun keduanya telah tiada. Seorang anak yang dapat menunaikan ketiganya sama saja nilainya dengan berbakti ketika orang tuanya masih ada. Jadi, tidak ada kata terlambat untuk berbakti kepada orang tua.

Selalu Ingat


Ada 3 amalan yang pahalanya terus mengalir walaupun orang itu sudah meninggal, yakni ilmu yang bermanfaat, amal jariyah, dan yang terakhir adalah anak sholeh yang mendoakan orang tuanya.
Top