Inilah Tiga Alasan Kenapa Anda Harus Membuang Obat Basi



Obat basi alias yang sudah kedaluwarsa dapat membuat obat tersebut menjadi tidak efektif atau malah berisiko, karena perubahan komposisi kimia atau penurunan tingkat keampuhan. Obat basi ini tentu saja berisiko untuk pertumbuhan bakteri.

Antibiotik yang terkandung dalam obat dapat gagal untuk mengobati infeksi, sehingga dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius dan malah menciptakan kekebalan terhadap antibiotik. Ingatlah bahwa setelah tanggal kedaluwarsa berlalu, tidak ada jaminan bahwa obat tersebut akan aman dan efektif. Berikut ini adalah beberapa alasan untuk menghindari obat basi.

Kehilangan potensi



Beberapa obat dapat kehilangan potensi dari waktu ke waktu, dan menjadi kurang efektif untuk mengobati kondisi yang dimaksud. Hal ini terutama berlaku untuk insulin dan nitrogliserin. Jika dokter berpikir bahwa Anda telah meminum obat yang baik, namun kondisi Anda ternyata memburuk, maka ia akan menambahkan dosis kepada Anda, yang akan sangat berbahaya bagi tubuh. Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan di Amerika Serikat merekomendasikan bahwa janganlah Anda meminum obat basi, karena itu mungkin tidak lagi bekerja dengan baik.

Berubahnya komposisi kimia


Obat adalah senyawa kimia yang mampu mengubah warna, bau, dan tekstur dari waktu ke waktu. Ia juga dapat memecah kimia, yang menyebabkan efek yang tidak diinginkan dalam tubuh Anda. Meskipun ini merupakan kejadian yang langka, itu bukan alasan untuk membuat Anda ingin mengonsumsinya, terutama jika obat telah kedaluwarsa bertahun-tahun yang lalu.

Tidak lagi sesuai



Menyimpan obat lama yang telah basi merupakan hal yang buruk karena berbagai alasan. Sisa antibiotik yang Anda ambil ketika sakit akan benar-benar memperburuk kondisi Anda, jika Anda terinfeksi dengan bakteri yang berbeda. Anda juga dapat menyebabkan bakteri menjadi lebih kuat dan kebal terhadap obat jika Anda tidak mengonsumsi antibiotik secara penuh. Obat lama mungkin akan kontraindikasi terhadap obat yang saat ini diresepkan, dan dokter atau apoteker tidak akan tahu bahwa Anda mengonsumsi obat yang basi.

Dengan begitu, kondisi kesehatan Anda akan berubah dari waktu ke waktu, yang akan membuat beberapa obat tidak lagi sesuai untuk Anda. Akhirnya, jika Anda memutuskan untuk mengonsumsi obat basi, Anda akan terkena pengaruh ganda dari obat lain yang juga sedang Anda pakai.
Top