Inilah Rahasia Merawat Kain Batik Agar Lebih Awet

Banyak ragam bahasa dan budaya di Indonesia, termasuk juga batik. Batik di Indonesia terdapat beberapa jenis yaitu batik cap, tulis, dan masih banyak lagi. Batik juga memiliki banyak kualitas dan semakin tinggi kualitasnya maka akan semakin mahal harganya.



Perawatan batik yang berkualitas tinggi memang harus ekstra, karena jika tidak maka akan menghilangkan warna batik tersebut dan menjadikannya tampak seperti batik biasa. Tapi jangan khawatir, Referensi Rumah akan memberikan tipsnya

Pencucian


Saat mencuci batik, sebaiknya hindari menggunakan mesin cuci dan lebih baik anda menggunakan tangan saja. Ketika memakai tangan jangan menggunakan sikat, karena akan merusak tekstur kainnya cukup anda kucek hingga bersih.
Mencuci batik dengan deterjen adalah salah, anda bisa menggunakan shampoo biasa yang dicapur air atau menggunakan sabun khusus pencuci batik. Namun jika batik tidak kotor, cukup rendam dengan air panas dan kucek sedikit. Untuk mencuci batik yang ternoda anda bisa menggunakan sabun mandi atau kulit jeruk pada bagian yang kotor.

Mengembalikan warna


Tips mengembalikan warna batik yang kusam sebenarnya cukup gampang, cukup rendam kain batik anda dengan air kelapa selama kurang lebih 2 jam. Setelah Itu bilas dan jemur hingga kering

Penjemuran dan penyetrikaan


Jangan menjemur kain batik dengan matahari langsung, anda sebaiknya menjemurnya di tempat terbuka yang teduh. Kain batik yang basah juga sebaiknya tidak diperas namun dengan cara membentangkannya ketika di jemur agar lebih maksimal.

Untuk menyetrika anda sebaiknya menggunakan panas kecil, dan bila perlu semprot air diatasnya kemudian letakan kain diatasnya baru disetrika.

Penyimpanan


Untuk menyimpannya sebaiknya dimasukkan dalam plastic agar tidak dimakan ngengat dan jangan menggunakan kapur barus, karena zat nya terlalu keras untuk kain batik. Anda juga sebaiknya tidak menyemprotkan parfum atau minyak wangi langsung ke kain lebih baik anda lapisi dengan Koran sebelum menyemprotnya.


Gampang banget kan, dengan mengikuti tips di atas, dijamin batik anda akan awet dan tidak warnanya tetap kinclong.
loading...
Top