Ini Sosok Buni Yani. Bukan Orang Pertama yang Posting Video Tapi Jadi Tersangka?

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 24 Nov 2016
Ini Sosok Buni Yani. Bukan Orang Pertama yang Posting Video Tapi Jadi Tersangka?
Sosok Buni Yani

SIAPA YANG SALAH?
Buni Yani
Dari hasil riset saya yang dibantu kawan2, sebelum saya upload video tanggal 6 Okt pagi, sudah banyak yg upload dan share video tersebut pada tgl 5 Okt dengan caption yang jauh lebih menarik perhatian dibanding caption unggahan saya. Bahkan sudah ada yang berkomentar cukup tajam pada bulan September mengenai video ini.

Upload saya jadi ramai karena di-screenshot lalu disebarkan dengan tuduhan melakukan provokasi oleh timses salah satu cagub. Pagi screenshot ini disebar, sorenya saya sudah dilaporkan ke polisi.

Pelaporan ke polisi ini membuatnya jadi isu nasional karena ditayangkan TV. Lalu acara ILC TV One mengambil momentum ini dengan menjadikannya topik 11 Okt. Pernyataan MUI dalam acara ini begitu tegas yang melahirkan banyak demo.

Izinkan saya melakukan kontemplasi barang sejenak. Saya berpendapat, kalau saya boleh berandai-andai, kasus video ini tidak akan sebesar sekarang kalau tidak dibesar-besarkan oleh timses salah satu cagub tersebut. Tidak akan menjadi besar kalau screenshot video saya dengan tuduhan provokasi tidak disebarkan secara masif. Tidak akan menjadi besar kalau tidak dilaporkan ke polisi.

Karena apa? Karena video-video sebelumnya dengan caption yang tidak kalah menarik perhatian sudah banyak disebar dan dibagikan. Tetapi karena tidak dipermasalahkan dan tidak dilaporkan ke polisi, maka tak pernah menjadi besar.

Lalu siapa yang salah sekarang? Mari kita merenung sejenak melepaskan ego mau menang kalah. Sangat tak masuk akal menisbatkan kontroversi yang sekarang sedang berlangsung ini ke saya. Sangat tidak fair.



Namanya kini tengah ramai dibicarakan oleh semua kalangan. Baik media massa maupun online. Di media sosial ia juga sempat masuk trending topic. Siapa Buni Yani?

Buni Yani mulai populer saat dirinya di laporkan oleh Komunitas Advokat Muda pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Syaiful Hidayat (Kotak Adja) ke Polda Metro Jaya.

Dalam akun Facebooknya Buni Yani diduga sebagai pihak pertama penyebar potongan video pernyataan Gubernur Petahana DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok tentang surah Al Maidah ayat 51. Dimana akhirnya video penistaan agama yang dilakukan oleh Ahok tersebar di media sosial dan membuat marah sebagian umat Islam.

Sampai kini belum banyak diketahui mengenai profil dan biodata dari Buni Yani ini. Namun jika dilihat dari akun facebooknya tertera bahwa dia adalah seorang lelaki yang berasal dari Depok, Jawa Barat. Ia juga bekerja di sebuah kampus yang bernama London School of Public Relation (LSPR).

Baca Juga : Fakta-Fakta Penetapan Buni Yani Menjadi Tersangka

Tak hanya diadukan karena dianggap sebagai pengunggah pertama video Ahok yang mengutip surat Al-Maidah, Buni Yani pun mulai dapat ancaman karena ulahnya tersebut. Buni Yani mengungkapkan ancaman itu dan keputusannya mundur sementara dari kampusnya London School of Public Relation (LSPR).

Hari ini (24/11/2016), Buni Yani sudah ditetapkan sebagai tersangka lantaran menuliskan kata-kata provokatif di akun Facebooknya pada tanggal 6 Oktober 2016.
SHARE ARTIKEL