Ingin Renovasi Rumah Tanpa Nguras Dompet? Ikuti 4 Tips Berikut Ini

Merenovasi rumah biasanya dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki dan memperindah sebuah bangunan. Renovasi bisa dilakukan sendiri atau bisa dilakukan dengan menyewa kontraktor atau tukang.

Ingin Renovasi Rumah Tanpa Nguras Dompet? Ikuti 4 Tips Berikut Ini


Merenovasi rumah memang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Tapi jangan khawatir, Referenirumah.com punya tips agar dompet anda tidak terkuras waktu merenovasi saebuah banguanan.

1. Prioritaskan Yang Ingin Anda Renovasi

Ingin Renovasi Rumah Tanpa Nguras Dompet? Ikuti 4 Tips Berikut Ini

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah bagian mana yang akan anda renovasi. Jika mengikuti kata hati atau saran dari tukang, bisa-bisa renovasi Anda baru setengah selesai namun biaya sudah habis. Disinilah perlunya membuat skala prioritas di dalam melakukan renovasi rumah. Misalnya saja jika memang tujuan awalnya membuat satu kamar tidur untuk anak, maka lakukan sesuai rencana, jangan tergoda apa kata hati anda.

2. Perhitungkan Pengeluaran



Yang harus anda lakukan sebelum merenovasi adalah membuat perhitungan biaya bisa Anda lakukan sendiri seperti panduan yang sudah diberikan. Jika belum puas juga Anda bisa berkonsultasi pada ahlinya, bisa saja teman, tukang, atau konsultasi online di beberapa media penyedia layanan konsultasi bangunan secara online. Jangan lupa, pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB) harus berdasarkan jenis material dan komponen pekerjaan.

3. Gunakan Bahan Bekas yang Masih layak pakai

Ingin Renovasi Rumah Tanpa Nguras Dompet? Ikuti 4 Tips Berikut Ini

Setelah merenovasi Kadang kita masih punya beberapa bahan bangunan bekas hasil renovasi yang tidak terpakai atau bisa juga bahan tersebut masih layak pakai namun masuk dalam kategori bagian yang ikut direnovasi. Gunakan kembali bahan bangunan bekas yang kondisinya masih bagus tersebut, misalnya saja pintu, jendela, genteng, peralatan sanitasi dan sebagainya. Toh Anda bisa membuat bahan tersebut terlihat baru dengan mengecat ulang atau memolesnya dengan vernis atau politur sehingga tampak baru.

4. Berhemat Pengeluaran lain yang datang tiba-tiba

Ingin Renovasi Rumah Tanpa Nguras Dompet? Ikuti 4 Tips Berikut Ini

Saat renovasi sering kita terjebak berkompetisi dengan lingkungan. Lihat tetangga membangun rumah dengan marmer dan kayu jati lantas kita ikut-ikutan. Hindari hal seperti ini. Fokus pada anggaran biaya dan berhematlah di sisi pengeluaran lain yang tak terduga. Saat renovasi mungkin Anda akan mengalami kondisi bangunan yang akan di renovasi ternyata sudah dalam kondisi parah sehingga butuh biaya pengeluaran lain-lain yang tak terduga.

Dengan mengikuti 4 tips diatas, dijamin pengeluaran tetap stabil dan tidak menguras dompet anda.. Semoga bermanfaat

Top