Ingin Kamar Tetap Sehat? Anda Bisa Memulai Dengan Cara-Cara Berikut Ini

Tahukah anda, ternyata manusia menghabiskan sepertiga harinya hanya untuk tidur loh. Oleh sabab itu, tidur memang penting untuk manusia. Karena itu pula, kita harus menjaga tempat tidur kita agar tetap sehat agar tidur kita juga sehat.

Ingin Kamar Tetap Sehat? Anda Bisa Memulai Dengan Cara-Cara Berikut Ini

Kamar tidur yang sehat juga akan membuat kita nyaman ketika beristirahat. Sebenarnya cukup mudah untuk menciptakan kamar tidur yang sehat. Anda bisa memulai dengan 5 cara berikut ini, dilansir oleh spectrum-paint.

1. Padamkan Lampu


Sebuah studi menemukan bahwa orang yang tidur malam hari di tempat terang memiliki kualitas tidur yang lebih buruk dari mereka yang biasa tidur di tempat gelap. Tak hanya itu, tidur dengan penerangan juga dapat mempengaruhi tekanan darah, kadar glukosa, dan kemampuan Anda untuk mengontrol suhu tubuh. Bahkan, hal ini juga dapat meningkatkan resiko Anda untuk terkena kanker. Apabila diperlukan, pasang juga penutup jendela yang tebal agar cahaya dari luar tidak dapat menembus masuk.

2. Jaga Kamar Tetap Rapi


Siapapun juga tahu kalau tidur di tempat yang rapi akan membuat orang merasa lebih tenang. Tapi, selain menjaga agar barang-barang tidak berserakan, kita juga perlu untuk menyingkirkan barang-barang yang berpotensi untuk memicu stres. Bagi tiap-tiap orang, barang yang dapat memicu stres dapat berarti hal yang berbeda-beda.

Misalnya, tumpukan buku dapat mengingatkan pada tugas sekolah. Untuk pegawai kantoran, laptop dan telepon genggam mungkin dapat mengingatkan mereka pada stres yang dialami di kantornya. Jadi, cobalah untuk tidak membawa barang-barang ini bersama Anda ke kasur, dan biarkan kamar Anda menjadi tempat yang memberikan ketenangan.

3. Kurangi Barang Elektronik


Banyak orang memiliki televisi di dalam kamarnya. Hal ini dapat membuat pikiran Anda teralih dari niat untuk tidur, sehingga jam tidur yang sebenarnya bisa panjang akhirnya menjadi lebih sedikit. Karena itu, cobalah singkirkan barang elektronik yang tidak ada hubungannya dengan tidur dari kamar Anda.

Selain itu, perangkat elektronik lain seperti telepon, laptop, dan jam meja juga berpotensi untuk mengganggu tidur Anda. Tak hanya itu, mereka juga memancarkan medan elektromagnetik (EMF). Meski belum ada bukti kuat bahwa EMF punya dampak negatif bagi kesehatan, tentunya lebih baik barang-barang ini tetap dijauhkan dari kamar selama kita tidur di malam hari.

4. Pilih Bantal yang Sehat


Bantal yang terbuat dari memory-foam memang terasa nyaman untuk dipakai. Namun, bantal dengan busa sintetis yang berbahan dasar petroleum ini ternyata dapat membahayakan kesehatan. Bantal ini dapat menyebarkan senyawa organik yang mudah menguap dan dapat menyebabkan pusing, mual, iritasi pada mata dan tenggorokan, dan bahkan dapat mengakibatkan asma.

Apabila Anda masih tetap ingin menggunakan bantal ini, Anda dapat menggunakan sarung bantal yang terbuat dari bahan katun untuk mengurangi penyebaran racun berbahaya dari bantal yang digunakan. Tapi, bila Anda mempertimbangkan untuk mengganti bantal, Anda dapat mencoba bantal lateks alami yang terbuat dari pohon karet.

5. Hilangkan Tungau


Tungau debu memang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, tapi bukan berarti hewan ini tidak ada di kamar Anda. Memastikan bahwa rumah Anda sepenuhnya bebas dari hewan kecil ini memang tidak mudah.

Namun, Anda tetap bisa mengurangi populasinya dengan menjaga kebersihan. Untuk memastikan bahwa tungau debu tidak terlalu banyak beranak pinak di kamar Anda, cuci sprei secara teratur tiap dua minggu sekali. Jangan lupa juga untuk mengganti sarung bantal Anda. Bila perlu, gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan barang-barang yang susah dicuci. Tungau debu juga suka tempat yang lembab, karena itu jagalah kelembaban kamar Anda tetap rendah supaya mereka tidak makin banyak bersarang.

Kenapa tungau debu penting untuk dibasmi? Ternyata, enzim yang dikeluarkan oleh tungau debu bersama kotorannya merupakan pemicu kambuhnya alergi dan juga asma. Selain itu, meski tidak punya penyakit tersebut, kotoran tungau debu juga bisa membuat Anda bersin-bersin dan mengakibatkan hidung menjadi mampet.

Tak sulit kan.. yang terpenting adalah selalu jaga kebersihan ya.. Karena kuman-kuman tidak akan tumbuh ditempat yang bersih. Semoga bermanfaat.

loading...
Top