Ikan Paus yang Menelan Nabi Yunus Masih Hidup Hingga Sekarang?

Salah satu kisah Nabi dan Rasul yang masih kita ingat hingga kini pasti kisah Nabi Yunus. Karena dari kisah-kisah lain, kisah Nabi Yunuslah yang bisa dikatakan paling unik yakni ditelan Ikan paus karena meninggalkan umatnya yang ingkar.


BACA JUGA: Mengejutkan! Hanya Menaruh Garam dan Air Dalam Gelas, Lihat Apa yang Terjadi!!

Namun berkat tobat serta zikir yang diucapkan, ikan itu akhirnya memuntahkan isi perutnya sehingga Nabi Yunus ikut keluar dalam keadaan masih bernyawa. Ikan ini kemudian kembali ke lautan dan meninggalkan Nabi Yunus sendirian.

Memang sih, dalam cerita hanya dikisahkan sampai situ saja. tapi, disaat Nabi Yunus sudah tiada ribuan tahun silam, apakah sang ikan juga ikut tiada? Atau justru masih hidup hingga sekarang?

Dikutip dari infoyunik, Spekulasi tentang masih hidupnya ikan tersebut muncul merujuk firman Allah dalam surat Ash Shaaffaat ayat: 145. Allah menerangkan jika saat itu Nabi Yunus tidak bertobat, maka ia akan tinggal di dalam perut ikan sampai hari kiamat.

" (139). Sesungguhnya Yunus benar-benar salah seorang rasul, (140). (ingatlah) ketika ia lari, ke kapal yang penuh muatan, (141). Kemudian ia ikut berundi lalu dia termasuk orang-orang yang kalah dalam undian. (142). Maka ia ditelan oleh ikan besar dalam keadaan tercela. (143). Maka kalau sekiranya dia tidak termasuk orang-orang yang banyak mengingat Allah, (144). Niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit. (145). (Q.S. Ash Shaaffaat ayat: 139-145).

Berdasarkan tafsir dari berbagai sumber, makna “tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit (145)”, yakni perut ikan itu akan menjadi kuburnya sampai hari berbangkit. Hal ini kemudian diasumsikan jika ikan tersebut masih hidup hingga saat ini.

Tidak ada yang tahu secara pasti, Tapi Allah SWT berfirman jika Nabi Yunus tidak bertaubat, maka akan tinggal di perut ikan itu sampai kiamat. Namun kenyataannya, Nabi Yunus sudah bertaubat dan taubatnya itu diterima oleh Allah SWT.

Rasulullah SAW juga tidak menjelaskan tentang bagaimana kehidupan ikan tersebut setelah memuntahkan Nabi Yunus. Wallahu a'lam, Dan Allah Lebih Tahu atau Mahatahu.
loading...
Top