Gusi Berdarah Saat Menggosok Gigi, Kenapa Ya? Ketahui Penyebabnya Disini!


Ketika menggosok gigi dan menemukan bahwa ada darah yang keluar atau biasa disebut gusi berdarah,  maka yang paling mungkin adalah mengetahui kenapa hal tersebut bisa terjadi, sehingga akan mempermudah dalam perawatannya. Tahukah bahwa gusi kita memiliki banyak sekali pembuluh darah yang kecil-kecil dan rapat sehingga gusi berwarna kemerahan, dan hal ini juga yang memungkinkan gusi mudah berdarah ketika terjadi trauma, peradangan atau gangguan lainnya. Disamping itu gusi merupakan salah satu jaringan penyokong gigi sehingga apa yang terjadi pada gigi akan mempengaruhi gusi, begitu pula sebaliknya.

Baca juga : Keajaiban di Dapur Sendiri! Ini Dia Bumbu Dapur yang Berkhasiat Sebagai Obat

Bisa jadi penyebab gusi berdarah adalah karena terlalu bersemangat menggosok gigi atau menggunakan bulu sikat yang tidak tepat. Namun jika terjadi lebih dari sekali gusi berdarah saat menggosok gigi bukanlah hal normal. Berikut penyebab lain gusi berdarah saat menggosok gigi.

1. Lupa menggosok gigi


Hanya butuh waktu 24 jam bagi bakteri untuk membuat peradangan di mulut. Jika sehari sebelumnya tidak menggosok gigi, tidak heran ada darah saat menggosok gigi seperti diungkapkan Cram.

2. Perubahan hormon pada wanita


Kala terjadi perubahan hormon pada wanita, misalnya pubertas, hamil, menstruasi, dan menopause, gusi lebih sensitif terhadap plak. Sehingga mudah memicu terjadi pendarahan pada gusi.

Menjaga kebersihan mulut dan sering berkumur merupakan cara untuk mencegah terlalu banyak plak menempel di sela-sela gigi dan gusi.

3. Stres, kurang tidur, diet tidak sehat


"Saya sering melihat kasus gigi berdarah pada anak kuliahan. Mereka sering mengonsumsi makanan tidak sehat, begadang, stres, dan itu semua memengaruhi kemampuan tubuh melawan peradangan yang disebabkan bakteri di mulut," jelas Cram.

Baca juga : Hot Tips Untuk Orang Tua! Kenali Tanda Anak yang Berpotensi Menjadi Orang Jenius

4. Obat tertentu


Obat antidepresan dan pengatur tekanan darah bisa membuat mulut kering. Kekurangan air liur memungkinkan bakteri berkembang biak lebih banyak. Hal ini membuat gusi bengkak dan rentan berdarah.

Jika, mencurigai obat-obat penyebab mulut kering, konsulitasikan ke dokter dan dokter gigi. Ada produk yang membantu menjaga jaringan gusi tetap lembap seperti kata Cram.

5. Hal serius


Orang dengan penyakit kronis seperti diabetes serta leukemia dan HIV bisa menyebabkan imunitas tubuh menurun memicu gusi bengkak dan berdarah. Jika gusi berdarah terjadi beberapa minggu, segera periksa ke dokter.
loading...
Top