Gus Nuril: Kalau Demo 2 Desember Terjadi, Itu Bangunkan Macan Tidur


Ilustrasi demo FPI

Pengasuh Pondok Pesantren Soko Tunggal Semarang KH Nuril Arifin Husein, melihat rencana gerakan demo 2 Desember mendatang tidak lagi sesuai konteks. Aksi ini juga dia ibaratkan membangunkan macan tengah tertidur.

Baca Juga: 3 Fakta Biksu Radikal di Myanmar yang Anti-Muslim Rohingya
Gus Nuril, sapaan KH Nuril Arifin Husein, menuturkan rencana demo itu hanya digerakkan sebagian masyarakat. Salah satunya Front Pembela Islam (FPI) melalui gerakan Gerakan Nasional Pembela Fatwa (GNPF) MUI dipimpin Rizieq Shihab. Maka itu, sikap FPI dianggap tidak beriktikad baik dalam kehidupan bangsa.

"Kalau sudah ditersangkakan ya tunggu. Ini ada agenda lain. FPI tidak menunjukkan beriktikad baik untuk berbangsa dan bernegara. Mereka melakukan tindakan membahayakan, membangunkan macan tidur," kata Gus Nuril dikutip dari merdeka.com, Jumat (25/11).

Dia juga menyebut banyak gerakan FPI tidak layak. Seharusnya masyarakat Indonesia bisa lebih sejuk. Apalagi Indonesia bukan negara berideologi islam, melainkan Pancasila.

"Saya sudah lama meminta (FPI) dibubarkan. Kalau organisasi tidak berizin ya (pemerintah) harus bubarkan," ungkapnya.

Ahok kini telah ditetapkan tersangka. Mantan Panglima Pasukan Berani Mati pembela Gus Dur itu, meminta masyarakat untuk menunggu langkah penegak hukum atas masalah ini.

"Kalau sudah tersangka, itu domainnya hukum. Ya sudah ditunggu saja. Kalau yang pintar pasti tinggal menunggu tindakan aparat hukum," terangnya.

Baca Juga: Benarkah Saat ini Sudah Masuk Zaman Mulkan Jabariyyan?
Gus Nuril menambahkan, setiap masyarakat Indonesia mempunyai hak memimpin di mana saja. Namun, nanti mereka dilihat apakah mampu atau tidak. "Ini belum jadi saja sudah pada geger," tegasnya.

Meski begitu, dirinya tetap menyayangkan Ahok dengan menyinggung surah Alquran. Sehingga muncul berbagai macam demo menentang gubernur DKI Jakarta nonaktif itu.

"Ini juga pelajaran bagi Ahok. Padahal Ahok orangnya pinter. Terutama untuk jaga sikap," terangnya.
loading...
Top