Gempa Berkekuatan 6,2 Skala Richter Getarkan Jawa Timur, Warga Kaget Berhamburan Keluar Rumah

Gempa bumi tektonik mengguncang kawasan pantai selatan Jawa Timur, Rabu (16/11/2016) sekitar pukul 22.10 WIB. Guncangan gempa bumi berkekuatan 6,2 skala Richter membuat warga kaget.



Kepala Stasiun Geofisika Karangkates, Malang, Jawa Timur, Musripan mengatakan, lokasi gempa berada di laut dengan kedalaman 69 kilometer.

Pusat gempat berada 127 kilometer tenggara Kabupaten Malang pada koordinat 9,32 derajat Lintang Selatan dan 113,12 Bujur Timur.

Jangan Lewatkan : Bikin Bangga, Ternyata Bahasa Jaw Masuk Ranking Dunia Sebagai Bahasa Yang Banyak Digunakan Didunia

"Gempa disebabkan oleh pertemuan antara lempeng Indoaustralia dan Euroasia," kata Musripan seperti yang dilansir dari Kompas.com, Rabu malam.

Ia menyatakan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.



Abidin, seorang warga di Jalan Tapak Siring Kelurahan Samaan, Kecamatan Klojen, Kota Malang, merasa kaget saat bumi bergoyang. Menurut dia, tiba-tiba kasur di dalam kamarnya bergetar dan pintu rumah bergerak.

"Aku langsung lari ke luar rumah. Khawatir bikin bangunan roboh karena terasa cukup lama," kata Abidin.

Getaran itu dirasakannya selama hampir satu menit.

Hal yang sama dikatakan oleh Lia. Ia mengaku merasakan goncangan selama dua kali. Untunglah, hal itu tidak sampai membuat barang-barang di rumahnya jatuh.

"Alhamdulillah terjadi apa-apa. Suami saya yang sedang ada di Surabaya juga merasakan," kata dia.

Hingga kini belum ada laporan kerusakan terkait adanya gempa itu. Namun, di Kabupaten Jember, ada rumah warga yang gentingnya berjatuhan akibat getaran selama lebih kurang 40 detik tersebut.



Terasa hingga Madura, Bali, dan Nusa Tenggara


Gempa di selatan Pulau Jawa terasa juga hingga Pulau Madura, Bali, dan Nusa Tenggara Barat. Warga pengguna internet melaporkan dari berbagai kota tentang gempa yang mereka rasakan.

Menurut laporan dari laman emsc-csem.org, lokasi gempa berada 214 kilometer selatan Surabaya, atau 113 kilometer selatan Lumajang, atau 100 kilometer selatan Kencong. 
Top