Dinilai Tak Pantas dan Tak Manusiawi, Menu Khusus Baby Sitter atau ART di Restoran Adik Raffi Ahmad Ini Gegerkan NetiZen

Penulis Penulis | Ditayangkan 03 Nov 2016

Baru-baru ini netizen dihebohkan dengan sebuah postingan yang di unggah sutradrama ternama di indonesia, Joko Anwar.

Dinilai Tak Pantas dan Tak Manusiawi, Menu Khusus Baby Sitter atau ART di Restoran Adik Raffi Ahmad Ini Gegerkan NetiZen

Ia mengunggah sebuah foto yang menampilkan menu yang ditujukan khusus untuk pembantu (Asisten Rumah Tangga).

Jangan Lewatkan : "maaf ya mas saya perempuan lemah dan mesti di prioritaskan" , Ucap Wanita Berhijab Ini Saat Melihat Kakek-kakek Beridiri di KRL Ketika di Tegur

Seperti yang dikutip dari tribunnews.com Menurut Joko Anwar, hal tersebut sangatlah tak pantas dan tak manusiawi.

“Kebayang nggak perasaan pembantu atau babysitter menunya dibedain gini? Jangan jadi nggak berhati gini lah. (Allegedly menu di Shabu Hachi),” tulis Joko dalam status Twitternya, Senin (31/10/2016).

Netizen yang mengomentari unggahan tersebut pun banyak yang sependapat dengan Joko Anwar.

Mereka menyayangkan kebijakan beberapa restoran tersebut yang dinilai tidak manusiawi.


"Restoran dimana tuh. Gk stj bgt.. kyk menu buat hwan piaraan aja," tulis ‏@edsuprianto.
"Mau dimana-mana, baby sitter, pembantu. mereka manusia. makanan gaperlu beda, duduk ga perlu dipisah. ya kan?," tulis ‏@intansumita.

"Saya dirumah, ibu saya masak itu buat satu rumah. pembantu dirumah saya kalo ada rendang ya makan rendang, ada ikan ya makan ikan," tambahnya.

"Anak nangis babysitter dipanggil majikan lanjut makan. What a suck majikan they are," tulis @fapops.

Salah satu dari netizen yang berkomentar tersebut ada akun milik Nisya Ahmad yang merupakan adik dari artis kenamaan Raffi Ahmad.

Tapi Nisya justru memberikan komentar mengejutkan yang berbeda dari netizen kebanyakan.
Lewat akun media sosialnya, Nisya Ahmad mengatakan kalau kebijakan seperti itu seharusnya diapresiasi.

Pasalnya, menurut dia tak semua baby sitter atau pembantu mau memakan apa yang dimakan para majikannya.

Sehingga beberapa restoran mahal memberikan opsi menu untuk para baby sitter.

Dinilai Tak Pantas dan Tak Manusiawi, Menu Khusus Baby Sitter atau ART di Restoran Adik Raffi Ahmad Ini Gegerkan NetiZen

Berikut adalah pembelaan Nisya terhadap kebijakan tersebut :

Ini resto all you can eat, dan banyak yg bawa baby sitter kadang mereka ga cocok makanan ataupun bisa dibilang mahal daripada suruh mkn diluar.

Krn yg biasa dan umum dbawa orang ke resto sambil tetep kerja hanya baby sitter, itu dispesialkan bukan diskriminatif.

Tergantung cara pandang.


Bukan baby sitter yg byr, justru bosnya blg seperti itu sblm berspekulasi lbh bijak jk ditanyakan dulu apa maksud dan tujuannya.

Menurut Nisya kebijakan itu dibuat sebenarnya bukan untuk mendiskriminasikan baby sitter, namun justru untuk menghargai mereka.

Sementara itu, akun @GithaNafeeza yang disebut Nisya sebagai owner dari restoran yang dimaksud telah memberikan klarifikasi mengenai kebijakan itu.

Menurut Githa, pihak Shabu Hachi, restoran menerapkan kebijakan itu karena banyak dari para majikan yang menolak membeli menu dengan harga yang mahal untuk para baby sitter yang mereka bawa.

Akhirnya daripada harus membeli menu yang mahal, para baby sitter itu pun tak ikut makan dan hanya menunggui majikannya saja.

Hal itu menyentuh nurani Githa, hingga akhirnya ia membuatkan paket khusus untuk baby sitter dengan harga yang lebih hemat.

Seorang netizen pun berkomentar terhadap klarifikasi tersebut.

Menurutnya, jika memang demikian adanya, harusnya paket makanan khusus baby sitter itu cukup dinamai dengan 'paket hemat' saja. 
SHARE ARTIKEL