Carmanita Sang Desainer Batik Beberkan Saran Untuk Desainer Pemula

 

Menjadi seorang perancang atau desainer busana dengan pemikiran yang luas dan melek fesyen tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan guna mengembangkan diri.





BACA JUGA :  Banyak Menyita Perhatian, Rumah Sakit Apung Juga Tarik Perhatian Widyawati

Para desainer yang memiliki minat terhadap batik harus memerhatikan beberapa hal, agar tetap percaya diri dalam mendesain. Menurut desainer batik Carmanita, para desainer pemula yang ingin fokus pada wastra nusantara khususnya batik harus mau belajar dan jangan takut salah.

Tidak hanya itu, para desainer batik juga harus diberi kebebasan dalam berkarya. Sebab dari sana, inspirasi dan hasil kerja akan lebih nyata terlihat.

"Para desainer batik pemula haruslah memiliki kecintaan terhadap batik sebagai modal awal. Mareka harus terus belajar karena belajar is never ending," ujar Carmanita di kawasan Jakarta Pusat, belum lama ini. Dikutip dari Viva

Dia menambahkan bahwa desainer pemula yang melakukan kesalahan sebaiknya jangan terlalu dikritik berlebihan. Menurutnya, biarkan desainer pemula mengetahui pakem mana yang baik atau tidak dalam menilai batik itu sendiri.

"Bagi mereka yang mau belajar jangan dikritik. Kasih mereka kebebasan untuk belajar, jangan ditungguin, biarin mereka melakukan kesalahan sampai mereka tahu mana yang baik dan tidak," katanya.
Top