Cara Tepat Membersihkan Furnitur Rotan Tanpa Merusaknya

Salah satu bahan yang sering dibuat furniture rumah adalah rotan. Yap, rotan biasa dianyam atau di sulam sehingga menjadi furniture yang unik tapi tetap kuat serta sifatnya yang lentur membuatnya mudah dibentuk.



BACA JUGA: Berbagai Cara Penataan Keramik Terbaru 2016

Cela-cela kecil di dalam rotan akan membuat kita kesusahan dalam membersihkannya secara maksimal. Cara membersihkan yang tidak benar, akan membuat rotan rusak dan bahkan patah. Untuk menghindari hal itu, referensirumah.com punya tips bagaimana membersihkan rotan yang benar.

Gunakan Penyedot Debu

Anda bisa menggunakan mesin penyedot debu (vacuum cleaner) atau sikat gigi berbulu halus untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel di celah-celah anyaman rotan. Bersihkan furnitur minimal sebulan sekali untuk menghindari kotoran yang menumpuk, namun jika pada furnitur rotan yang diletakkan di luar (outdoor), sebaiknya bersihkan dua minggu sekali demi menjaga kualitas rotan.

Gunakan Larutan Deterjen

Cara termudah untuk membersihkan furnitur dari rotan sintetis adalah dengan menyemprotnya dengan air dan membersihkan noda menggunakan sikat berbulu halus yang sudah dibasuh dengan air deterjen. Namun, hal ini tak berlaku pada rotan alami.

Hindari pemakaian air saat membersihkan rotan alami., sebab kondisi rotan yang lembab dapat menimbulkan jamur dan lumut pada permukaannya. Maka untuk membersihkannya, sebaiknya gunakan lap basah yang sudah dibasuh dengan larutan deterjen untuk menghilangkan debu dan noda yang menempel.

Proses Pengeringan

Setelah dibersihkan, pastikan rotan benar-benar dalam keadaan kering saat digunakan kembali. Anda bisa menjemurnya di bawah sinar matahari atau menggunakan hairdryer. Namun opsi terakhir tak dianjurkan pada rotan jenis sintetis untuk menghindari rotan meleleh akibat radiasi panas dari hairdryer.

Tak sulit kan? Denganc ara diatas, rotan anda akan tetap keren dan kinclong. Semoga bermanfaat.
loading...
Top