Cara Menyimpan Tomat Agar Lebih Awet dan Tidak Cepat Busuk

Tomat adalah buah sayuran yang mengandung banyak sekali vitamin. Kita biasa mengolahnya menjadi jus, sambal, atau manisan. Sayangnya buah tomat ini cepat sekali busuk, sehingga kita tidak bisa menyimpannya lebih lama.



Menyimpan tomat dalam kulkas memang menjadikannya lebih awet, tapi akan mengurangi rasa lezat dari buah tomat itu. Tapi tenang saja, Referensi Rumah akan memberikan tipsnya

1. Menyimpan di luar kulkas


Telah dijelaskan diatas jika menyimpan dalam kulkas akan mengurangi rasa nya, untuk itu sebaiknya kita menyimpannya di luar kulkas saja. Agar tidak busuk dan tahan lama, tomat yang tua atau menjelang merah bisa di simpan di tempat bersuhu 12c - 21c dan bisa disimpan selama 4-6 minggu dalam jumlah banyak.

2. Pembekuan Tomat


Pembekuan tomat juga bisa menambah jangka waktu dalam menyimpan, caranya juga gampang cukup masukkan tomat utuh atau yang di iris kedalam wadah/kantong plastik tertutup dan simpan di  freezer.

Untuk penggunaannya bisa dipakai sebagai sup atau saus tomat, karena ketika di keluarkan teksturnya akan seperti bubur namun rasanya tetap seperti tomat segar. Namun, tomat beku tidak bisa menggantikan tomat segar.

3. Di jadikan Puree


Saus tomat buatan sendiri bisa dibekukan sampai 2 bulan, Namun apabila tetap ingin menjadikannya sebagai olahan lain anda bisa menjadikannya sebagai puree

Cara membuatnya cukup direbus agar mudah dikuliti kemudian blender halus. Tomat blender ini dimasak hingga air berkurang, inilah yang disebut puree. Anda bisa langsung menggunakannya atau menyimpannya dalam freezer.

4. Dikeringkan


Salah satu metode pengawetan tomat yaitu dengan cara di keringkan, caranya simple saja. Belah tomat menjadi 2 bagian dan jemur hingga kering jangan lupa di  bolak balik ya dan jangan sampai terkena air. Tomat ini bisa disimpan selama 6-9 bulan dalam kulkas.

Itulah tips Menyimpan Tomat Agar Lebih Awet dan Tidak Cepat Busuk, semoga Bermanfaat. Untuk tips yang lain bisa di lihat disini.

loading...
Top