Cara Keren Dalam Menata Buku di Rak Minimalis

Pasti anda puny arak buku di rumah anda. Yap, penataan dengan cara vertikal atau horizontal pasti sudah biasa dan bisa dibilang mainstream. Padahal, rak buku juga bisa membuat ruangan anda tampak lebih keren dan cantik serta terliha lebih menarik.



BACA JUGA: 4 Cara Terbaru Dalam Menghias Ruangan Dengan Tanaman

Agar rak buku minimalis anda tetap terlihat keren dan menyatu di ruangan anda, anda perlu memanfaatkan sampul buku maupun bagian sampingnya. Tapi selain itu, anda pun juga harus memperhatikan hal-hal berikut ini.

Posisi Buku

Posisi menjadi penting agar susunan buku tidak terlihat membosankan. Buku umumnya diletakkan dengan posisi berdiri (vertikal) atau tidur (horizontal). Kali ini, cobalah juga kombinasikan penyusunan posisi buku tersebut di rak. Tidak perlu khawatir buku akan terlihat tidak rapi, karena pada dasarnya yang diubah hanya cara meletakkan buku. Misalnya saja, buku dapat ditata membentuk huruf U (vertikal-horizontal-vertikal).



Buat tampilan rak lebih dinamis dengan menggabungkan berbagai posisi peletakkan buku tersebut, entah itu vertikal, horizontal, atau menggabungkan keduanya pada semua sisi rak. Bila salah satu ruang pada rak, buku disusun dengan posisi vertikal dan horizontal, tata buku secara vertikal atau horizontal saja di bagian lain. Selain itu, bila bosan dengan posisi vertikal atau horizontal, buku juga dapat disusun secara diagonal atau miring.

Aksesoris pada Rak

Setiap bagian rak tidak harus selalu dipenuhi dengan buku. Letakkan beberapa aksesoris atau hiasan di sana agar tampilan rak dan susunan buku menjadi lebih menarik. Aksesori atau artwork tersebut dapat diletakkan di atas buku yang disusun secara tidur (horizontal). Salah satu ruang pada rak bisa juga hanya diisi dengan hiasan tanpa buku di dalamnya sehingga tampilan secara keseluruhan akan lebih variatif.



Hal ini juga bertujuan untuk menyediakan ruang kosong. Ruang kosong tersebut dapat menciptakan kesan rapi pada rak dan lapang pada ruang. Jadi, jangan lupa untuk memberi sedikit ruang kosong pada rak saat menata buku!

Warna dan Ukuran Buku


Buku dapat disusun berdasarkan banyak hal, abjad, nama penulis, atau judul favorit. Setelahnya, posisikan menurut warna atau ketinggiannya. Dengan begitu, deretan buku dapat tampil lebih rapi, sekaligus memberi kesan tersusun dengan baik. Menyusun berdasarkan warna dapat berupa membagi buku bersampul cerah dan gelap, atau mrngikuti gradasi warna sampul. Bila dengan ketinggian, buku dapat disusun dari yang tertinggi hingga terkecil atau membentuk pola segitiga di sisi atas buku.

Nah, apakah anda sudah memperhatikan hal-hal diatas? Dengan menggunakan cara tersebut rak buku minimalis anda akan tampak keren dan menarik banyak perhatian orang. Semoga bermanfaat.

Top