Cara Aman Menyelamatkan Diri Saat Terjadi Gempa, yang Orang Sering Nggak Kepikiran.


Gempa yang terjadi beberapa waktu lalu di Jawa Timur cukup membuat resah netizen yang tinggal dikawasan tersebut. Gempa yang cukup kuat mengguncang daerah Malang, Surabaya, Jogja, hingga Mataram ini terjadi akibat pergeseran subduksi antara lempeng tektonik di Indo-Australia yang mendesak lempeng Eurasia. Sehingga gempa yang terjadi di Jawa Timur tak bisa terelakan.

Baca juga : Berniat Traveling Sendirian? Hang On, Lihat Dulu Betapa Bahayanya dari Film Ini

Kabar baiknya adalah gempa tidak menimbulkan korban jiwa, meskipun hanya menyebabkan kerusakan kecil dibeberapa daerah. Nah, oleh karena itu bagi kita yang memang tinggal di Indonesia dengan julukan negara ring of fire, ada baiknya untuk waspada dan mempelajari bagaimana penanggulangan yang tepat jika bencana kembali terjadi.

Berikut ini beberapa tips unik yang aman saat terjadi gempa, yang mungkin banyak sekali orang tidak mengira bahwa hal ini bisa dilakukan untuk mencegah kemungkinan terburuk. So, let's read all!

1. Mulai dari sekarang amati benda-benda di rumahmu yang mudah runtuh


Ini bisa saja daun pintu, kipas angin,atau tembok kamarmu. Hapalkan spot benda-benda di dalam rumahmu yang mudah runtuh. Ingatkan diri sendiri agar tidak mendekati spot itu saat gempa terjadi.

2. Pasang pengaman di benda-benda besar dan berat. Agar kalau gempa terjadi tidak jatuh ke arahmu


Setelah mengetahui spot berbahaya dari tempat tinggal atau kantormu, lakukan tindakan pencegahan dengan ‘mengamankan’ barang-barang sensitif tersebut. Letakkan penahan di rak bukumu supaya buku-bukumu tidak langsung jatuh ketika gempa datang. Letakkan barang yang mudah pecah di rak paling bawah agar tidak membahayakanmu.

3. Sisakan ruang berlari di semua spot yang sering kamu tempati. Jangan sampai kamu hanya stuck saat gempa dan tak tahu bagaiman menemukan jalan keluar ruangan.


Atur ruanganmu sedemikian rupa supaya ketika gempa terjadi kamu bisa bebas berlari. Jangan sampai ruanganmu diatur terlalu padat hingga tidak menyisakan celah untuk menyelamatkan diri. Atur juga kabel elektronik sedemikian rupa supaya tidak menghalangi langkah.

4. Tetapkan satu ruang yang jadi tempat aman. Saat gempa datang kamu harus lari ke situ demi mencari perlindungan


Tentukan satu spot di tengah ruangan yang bebas dari barang-barang menggantung dan berbahaya. Sepakati ruangan itu jadi tempat berkumpul saat gempa terjadi.

Baca juga : Breakout Trik! Inilah Cara Mengangkat Perabot Besar di Rumah dengan Mudah

5. Jangan takut saat gempa melanda. Tetap tenang, posisikan diri di posisi aman


Daripada buru-buru dan panik mencari jalan keluar ketika gempa tiba, tenangkan dirimu dan posisikan diri dalam posisi safety. Letakkan kedua tangan menutupi kepala untuk menghindarkanmu dari reruntuhan ketika gempa.

6. Tidak bisa keluar? Berlindunglah di bawah meja atau perabot yang cukup kuat menahan hantaman


Ketika kamu berada di gedung yang tinggi dan tidak bisa keluar, carilah meja atau perabot yang cukup kuat menahan hantaman. Berlututlah di bawah perabot sampai getaran gempa mereda.

Semoga bencana tidak terjadi, dan kemungkinan terburuk dapat diatasi dengan cara-cara seperti diatas.
Top