Bulog Dapatkan Perintah Untuk Jaga Inflasi



Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, mengingatkan Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Bulog), agar mampu menjaga arus distribusi pangan nasional. Upaya itu agar inflasi bisa lebih terkendali.

BACA JUGA : Dapatkan Ancaman Dari Militan Syuriah, Ahok Dapatkan Penjagaan Ketat

"Untuk direksi Bulog, saya sangat memahami perannya, sehingga tidak terjadi gejolak pangan yang membuat inflasi tinggi," ujar Bambang, saat membuka perhelatan Forum Badan Usaha Milik Negara 2016 di Hotel Darmawangsa, Jakarta.

Bambang menjabarkan, ketahanan pangan nasional sejatinya hingga saat ini sudah mulai membaik. Misalnya, tercermin dari produksi bahan pangan strategis yang terus meningkat, yang pada akhirnya mampu memenuhi permintaan.

Namun, mantan menteri keuangan itu mengaku masih memiliki catatan penting yang tetap harus diperhatikan. Yakni, dari sisi perkembangan Indeks Harga Konsumen atau inflasi yang selama ini disebabkan dari harga pangan bergejolak.

"Gejolak harga pangan masih menjadi penyebab inflasi nasional," katanya.

Menurut Bambang, persoalan supply dan demand, seharusnya sudah tidak menjadi masalah, ketika produksi pangan strategis tercukupi. Untuk itu, dia meminta peran Bulog agar lebih aktif dalam mengawasi distribusi pangan.
loading...
Top