Bukan Hanya Sekedar Membersihkan, Wudhu Ternyata Punya Manfaat Mengagumkan


Ketika ingin mengerjakan ibadah sholat baik sholat wajib maupun sunnah, sebagai umat muslim diwajibkan untuk mengambil air wudhu terlebih dahulu untuk mensucikan diri. Bukan hanya ketika akan beribadah saja, namun berwudhu juga dapat dilakukan saat hati gelisah, takut berbuat maksiat, hingga agar mendapat perlindungan dari Allah SWT. Tahukah bahwa seseorang yang berwudhu dengan baik dan benar, maka dosa-dosa orang tersebut akan luntur melalui air yang mengalir dari sisa ia berwudhu.

Baca juga : Jangan Asal Basah, Ketahui Sunnah Berwudhu untuk Menyempurnakan Ibadah

Sungguh luar biasa bukan? Tak sampai disitu saja, akan tetapi juga berwudhu bisa mencegah sampai mengobati penyakit yang sering tak diketahui oleh kebanyakan orang. Berikut ini manfaat yang bisa diperoleh saat berwudhu.

1. Membasuh kedua belah tangan


Dengan melakukan getakan menggosokkan sela-sela jari di kedua telapak tangan, maka hal itu akan memperlancar aliran darah dan akan menghilangkan kotoran-kotoran di permukaan kulit telapak tangan. Gerakan ini juga dapat berguna mencegah infeksi terutama infeksi kuku yang sering terjadi karena berlebihan pada saat memotong kuku. Air yang digunakan pada saat berwudhu akan bekerja layaknya kompres dingin. Membasuh kedua tangan juga dapat berguna mengurangi nyeri pada luka bakar atau infeksi.

2. Berkumur


Gerakan ini berguna untuk menghindari penyakit pada gigi dan selaput lendir mulut. Karena berkumur menggunakan air bersih dapat membersihkan sisa-sisa makanan pada gigi maupun mulut yang kerap tertinggal saat menguyah makanan. Selain itu berkumur dalam periode tertentu juga dapat menjaga kelembapan bibir.

3. Membasuh hidung


Gerakan membasuh dengan cara menghirup air hingga ke dalam rongga sangat bermanfaat untuk membersihkan saluran hidung dari segala macam kotoran. Karena pada saat bernafas kita berpotensi menghidup udara kotor yang mengandung racun. Jika dilakukan secara rutin gerakan ini dapat menjadi penangkal Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), TBC, hingga infeksi hidung dan tenggorokan.

4. Membasuh wajah


Gerakan membasuh wajah sangat bermanfaat dalam mencegah penyakit luar serta membantu proses peremajaan kulit. Dengan kemampuannya menetralisir zat-zat tertentu, air wudhu dapat mengangkat kotoran yang ada di wajah sehingga membuatnya dapat terlihat bersih dan cerah. Terjaganya kelembaban kulit pada bagian wajah inilah yang dapat membuat seseorang menjadi terlihat lebih muda dari usia sebenarnya.

5. Membasuh kedua tangan


Membasuh kedua tangan dari telapak tangan sampai siku-siku berarti menghilangkan debu dan kuman yang biasanya menempel pada bagian tersebut. Menurut para pakar kesehatan, membasuh kedua tangan dapat membuang energi buruk yang ada di dalam tubuh dengan cara mengaliri air pada ujung jari. Dari telapak tangan sampai siku-siku terdapat banyak titik akupuntur yang bisa menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan dada, paru-paru, jantung, lambung, tenggorokan, dan organ-organ gerak bagian atas, serta terdapat titik yang menghilangkan rasa cemas.

6. Mengusap rambut


Membasuh sebagian rambut berarti mengusap sebagian kepala dengan air terutama pada ubun-ubun. Dengan mengusap sebagian kepala dapat membuat otak kita menjadi jernih dalam berpikir, mempertajam ingatan, mencegah kerontokan rambut dan terhindar dari penyakit pikun. Karena pada area tersebut terdapat titik-titik yang berhubungan dengan otak dan syaraf manusia

Baca juga : Jarang Diketahui, Ini Keutamaan Melakukan Shalat Berjamaah Di Masjid

7. Membasuh kedua telinga


Dapat merangsang titik pendengaran dan keseimbangan. Pada telinga juga terdapat titik-titik akupuntur. Menurut penelitian cabang spesifikasi kedokteran di China bahwa bentuk telinga bisa dipresentasikan sebagai tubuh manusia. Bentuk telinga ini sama dengan bentuk tubuh saat meringkuk ketika masih di dalam rahim ibunya. Kepalanya adalah bagian yang dipasang anting. Dalam lubang adalah tempat tersimpannya organ-organ tubuh bagian dalam. Melakukan stimulasi seperti wudhu akan berpengaruh baik terhadap fungsi organ dalam. Adapun lingkaran luar menggambarkan punggung. Pemijatannya juga seolah menstimulasi punggung dan ruas-ruas tulang belakang

8. Membasuh kedua kaki


Gerakan membasuh kedua kaki berguna untuk menghindari infeksi kuman dan jamur. Hal ini terjadi karena kaki merupakan bagian tubuh yang paling berpotensi terkena segala macam kotoran yang mengandung jamur dan kuman berbahaya yang terjadi karena tidak terjaganya kebersihan kaki. Dengan selalu terjaganya kebersihan kaki tersebut, secara tidak langsung akan dapat mencegah terjadinya penyakit-penyakit kulit seperti kanker kulit maupun penyakit lain.

Sangat banyak manfaat yang bisa didapatkan saat berwudhu. Memperbanyak kegiatan bersuci bisa mencegah penyakit yang ada, sampai mampu merefleksikan hati agar lebih damai dan tenang.
Top