Buah Merah, Buah Merah Khas Papua yang Menjadi Buruan Negara-negara di Dunia

Pernah dengar atau bahkan menyantap buah asli Papua yang satu ini? Hmm.. apalagi kalau bukan buah merah. Bagi masyarakat Wamena, Papua, Buah unik ini mereka sebut dengan nama Kansu.


BACA JUGA: Kocak Banget! Ingin Tampil Cantik, Gadis Ini Malah Gambar Alis Mirip Angry Bird

Buah tradisional Papua ini memiliki nama ilmiah Pandanus conoideus, yang mana tanamannya masih tergolong dalam pandan-pandanan. Buah ini mampu tumbuh hingga 16 meter yang berbentuk lonjong serta memiliki warna merah pekat.

Dikutip dari Indozone, Sekilas mirip jagung, tapi panjang buahnya bisa mencapai 55 cm dan warnanya merah marun ketika matang. Biasanya, masyarakat Papua menyajikan buah merah ketika ada pesta adat bakar batu, tapi banyak juga yang memanfaatkannya sebagai obat.

Seorang dosen bernama Drs. I Made Budi M.S sebagai ahli gizi di Universitas Cendrawasih (UNCEN), meneliti kandungan yang ada pada buah merah.

Ternyata dalam satu buah merah mengandung Karoten (12.000 ppm), Betakaroten (700 ppm), Tokoferol (11.000 ppm), selain itu juga ada asam oleat, asam linoleat, asam linolenat, dekanoat, omega 3, dan omega 9.

Karena khasiat dan manfaatnya itulah, buah merah menjadi incaran bangsa-bangsa lain untuk memilikinya.
loading...
Top