Bosan Terikat Dengan Pekerjaan? 5 Tips Sukses Menjadi Freelancer Ini Bisa Membantu anda Menjadi Profesional


Bagi sebagian orang mungkin bekerja adalah hal yang membuatnya tidak bebas, karena ia harus terikat dengan instansi atau perusahaan dimana ia bekerja. Hal inilah yang membuat orang memilih untuk menjadi seorang freelancer.

BACA JUGA : Penikahan Terkesan Biasa? Inilah 10 Tempat Pernikahan Anti Maenstream yang Bisa Dicoba

Di Indonesia, kini sudah banyak freelancer yang bermunculan. Mereka akan membantu klien menyelesaikan proyek kliennya dalam waktu yang singkat. Ada tips-tips khusus agar klien menyukai pekerjaanmu dan senang memakai jasamu. Apa saja tipsnya?

Inilah tips menjadi freelancer yang profesional:

Tentukan Harga Kualitasmu

Setelah kamu menemukan pekerjaan yang cocok untukmu, lakukan penawaran yang wajar dengan klien. Kamu harus tahu berapa besar hargamu di pekerjaan tersebut, sebaiknya jangan terlalu mahal dan jangan terlalu murah.
Yang terpenting, jangan ambil risiko memilih proyek besar dalam waktu yang singkat. Sesuaikan keahlian dengan deadline pekerjaan. Perbanyak referensi dengan membaca buku dan mencari informasi di internet, atau bertanya pada yang sudah ahli.

Promosikan Diri sebagai Freelancer

Promosi diri itu penting bagi seorang freelancer, katakan pada keluarga, saudara, dan teman-teman bahwa kamu seorang freelancer, jangan hanya mengandalkan internet. Promosi dari mulut ke mulut juga besar dampaknya. Kamu bisa lebih mudah dikenal dan alhasil banyak tawaran pekerjaan menghampirimu.

Bangun Komunikasi yang Baik dengan Klien

Membangun komunikasi dengan klien dapat dilakukan dengan saling bertukar pikiran mengenai proyek yang sedang dikerjakan. Lebih bagus lagi jika klien menganggapmu sebagai tim dan sifat pekerjaan yang kamu kerjakan adalah kerjasama.

Jangan pernah telat membalas pesan dari klien, baik email atau melalui yang lainnya. Tanyakan detil pekerjaan agar kamu tidak salah dalam mengerjakan dan hasilnya supaya sesuai dengan keinginan klien. Kepuasan klien adalah penentu karirmu.

Tunjukkan Keahlian yang Kamu Miliki

Tunjukkan keahlian dengan melampirkan portofolio dirimu yang terbaik. Jika memang belum ada pengalaman bekerja sebagai freelancer, kamu bisa tunjukkan keahlianmu ketika di sekolah. Tunjukkan keunikanmu, karena banyak orang yang memiliki keahlian di bidang yang sama denganmu.

Mintalah Feedback dari Klien

Feedback atau testimoni ini sangatlah penting. Dengan testimoni yang baik, akan membuka ladang tawaran pekerjaan bagimu. Orang akan lebih percaya karena kamu telah berhasil pada pekerjaan sebelumnya. Dan tentu saja, sebelum memasang testimoni, tanyakan dulu pada pelanggan apakah mereka berkenan.
Bekerja sebagai freelancer di Indonesia dirasa masih kurang menjanjikan, oleh karena itu peminatnya kurang banyak. Tapi, jika kamu serius menggeluti dunia freelancer ini, kamu bisa mencapai kesuksesanmu. Yang terpenting adalah terus berusaha agar karirmu semakin baik.
loading...
Top