Biar Tetap Waras, Inilah Cara Seru Refreshing Sederhana dengan Minim Budget dan Mudah!


Begitu banyaknya aktivitas dalam sehari-hari tentu sangat menguras tenaga dan pikiran.  Berpindah dari satu kegiatan ke kegiatan lainnya perlu sebuah konsentrasi dan konsistensi, khususnya otak yang sangat terbebani dengan banyak sekali tugas dan kesibukan.  Perlu kiranya dipelajari bagaimana mereset ulang pikiran untuk tetap segar menjalani banyak aktivitas dalam sehari. Ketika saat semunya terasa membosankan dan seakan beban berat hidup lebih menyesakkan lagi, satu kesimpulannya adalah kamu butuh liburan.

Baca juga : Perang Dingin Sama Sahabat? Ikuti Langkah Berbaikan Berikut Ini, Dijamin Damai!

Sayangnya, kamu bukan kaum jetset yang dengan mudah membeli tiket dan berangkat saja setiap ingin liburan. Izin cuti yang kamu ajukan juga bisa tertahan berbulan-bulan atau barangkali biaya untuk berpergian juga tidak ada. Sungguh membuat putus asa bukan?

Jangan mudah putus asa terlebih dahulu, yang dibutuhkan hanyalah waktu untuk sendiri alias me time, dimana waktu tersebut bisa digunakan untuk merelaksasikan pikiran agar ketika kembali bekerja bisa mengembalikan semangat yang sedang memudar. Tak harus mahal, berikut ini hal yang bisa dilakukan sendiri untuk menghilangkan penat.

1. Nikmati secangkir kopi atau teh sambil mengisi TTS di surat kabar. Untuk menenangkan diri terkadang kamu hanya butuh distraksi


Tertimbun di antara deadline-deadline yang menekan dan masalah-masalah yang menuntut untuk diselesaikan, membuat pikiranmu seolah mendidih dan siap meledak. Maka tekan tombol pause itu. Buat secangkir kopi atau teh dengan rumus favoritmu sendiri, lalu duduk di meja dan ambil surat kabar hari ini. Tak perlu membaca berita yang membuat pikiranmu semakin tersiksa, buka halaman belakang tempat biasanya ada rubrik teka-teki silang. Bersama secangkir minuman favoritmu, biarkan otakmu terdistraksi sejenak dengan mengerjakan soal-soal itu.

2. Membaca buku adalah salah satu cara melarikan diri. Segera ambil buku favoritmu untuk menyelamatkan diri


Bila kamu seorang pecinta buku, sumber bahagiamu sangatlah sederhana. Ambil buku favoritmu dan duduk santai di sofa. Bergabung dalam alur cerita yang sedang kamu baca, untuk sejenak akan memberimu waktu menyingkir dari hidupmu di dunia nyata dan melupakan segala problematika. Dengan membaca kisah-kisah favorit yang membuat imajinasimu berkelana, bisa membuat moodmu yang berantakan segera utuh kembali. Tak perlu mahal bukan untuk menghibur diri sendiri?

3. Mewarnai pola-pola rumit dalam coloring book bisa jadi peredam emosi. Hati tenang, stres pun berkurang


Sekilas, mewarnai gambar memang identik dengan pelajaran anak TK. Namun tren belakangan ini bermunculan buku mewarnai yang dikhususkan untuk orang dewasa. Tentunya dengan pola yang jauh lebih sulit dan menatang. Bila kamu sedang stres, lelah, frustrasi, panik, atau sekadar kesepian, mewarnai gambar bisa membantumu menenangkan diri. Secara psikologis, mewarnai bisa merelaksasi bagian otak, yang bernama Amygdala. Bahkan banyak psikiater yang menggunakan metode ini untuk terapi pasien yang mengalami stres berkepanjangan.

Baca juga : Meskipun Sulit Dipahami, Inilah Cara Seorang Ayah Mencintai Anaknya

4. Masuk ke kamar mandi, dan bernyanyi sesuka hati. Tak perlu banyak biaya untuk menghilangkan gundah gulana


Bila kamu sedang banyak uang, kamu bisa datang ke tempat karaoke dan menyanyi sepuasnya. Tapi bila budget-mu juga sedang pas-pasan, kamu cukup masuk ke kamar mandi saja dan menyanyi sesuka hati. Meskipun tidak ada musik yang mengiringi selain guyuran air shower atau gayung, kamu justru lebih bebas. Tidak perlu takut soal salah lirik dan nada, ataupun suaramu yang sebenarnya tak keruan juga. Menyanyi di kamar mandi selain menyehatkan fisik, menyanyi di kamar mandi juga bisa membantumu mengurangi kesedihan. Mengambil nada-nada tinggi sampai berteriak-teriak justru bisa membantumu menenangkan diri dengan mengeluarkan semua emosi.

5. Duduk saja, tak perlu melakukan apa-apa. Karena terkadang itu hal terbaik untuk dilakukan


Saat pikiran sedang ruwet, mengerjakan apa-apa seolah tidak ada benarnya, berusaha memperbaiki kesalahan tapi justru semakin salah, mencari jalan keluar justru semakin buntu persoalan, barangkali kamu hanya perlu berhenti. Sebentar saja, berhentilah mengerjakan apa-apa. Kamu bisa duduk santai menatap ke luar jendela, menyimak kemacetan jalan raya, atau berbaring di kasur dan menatap langit-langit kamar. Terkadang tidak melakukan apa-apa adalah sebaik-baiknya hal untuk dilakukan.

Dengan hal-hal sederhana yang tak makan banyak biaya itu, kamu bisa menghibur diri sendiri dan membuat pikiranmu fresh kembali. Bukan maksud menghindari masalah, karena kamu pun tahu bahwa ada hal-hal yang harus diselesaikan. Kamu hanya butuh jeda untuk mengisi kembali bahan bakar. So, ambil jeda itu dan mulai langkahmu kembali esok hari.
Top