Berbagai Masalah yang Sering Terjadi di Kamar Mandi Beserta Cara Mengatasinya

Kamar mandi adalah tempat dimana kita membersihkan diri, jadi tak heran jika didalamnya terdapat banyak air dsertai alat-alat untuk membersihkan diri kita. Sehubungan dengan air pasti berhubungan juga dengan pipa dan perangkatnya seperti keran.



BACA JUGA: Tips Cerdas Mengatasi Kamar Mandi Lembab dan Berjamur Tanpa Menguras Tenaga

Karena seringnya kamar mandi dipakai, maka tak heran apabila kamar mandi sering mengalami kerusakan dan hal tersebut juga hampir terjadi di seluruh kamar mandi. Nah, berikut ini adalah berbagai masalah yang sering sekali terjadi di kamar mandi dilengkapi dengan cara mengatasinya.


  1. Bila memiliki kamar mandi yang berada di lantai atas, cek saluran air dan kemiringan lantai agar airnya tidak merembes dan menimbulkan noda seperti ompol/urine di plafon ruang di bawahnya bahkan noda ini bisa berlumut.
  2. Atur sistem pemipaan yang sederhana, terutama hindari pemasangan jalur pipa yang berbelok-belok agar terhindar dari potensi bocor pada sambungan pipa.
  3. Tempatkan septic tank dekat dengan posisi kloset. Semakin jauh letak septic tank dari kamar mandi, semakin besar risiko terjadi mampet.
  4. Cek katup pada keran ataupun kepala shower. Bila karet dari katup sudah aus, biasanya “mengundang” kotoran dan menyebabkan air menetes dari perangkat tersebut.
  5. Bila air mengalir terus ke dalam pot (bowl) kloset, berarti sudah terjadi bocor pada tangki yang mengguyur air ke dalam bowl. Untuk menyelesaikannya, kencangkan flush valvedan bersihkan inlet valve pada tangki sehingga tidak bocor. Bila air merembes terus dari tangki kloset, cek seal karet antara tangki dan pot (bowl) klosetnya.
  6. Pastikan tinggi air (seal level) di dalam kloset yang berfungsi sebagai perangkap udara yang berasal dari septic tank, tidak kurang dari 50 mm supaya tidak menimbulkan bau.
  7. Pasang saringan (floor drain) yang bertutup pada lubang saluran air di lantai dan buang kotorannya secara teratur agar binatang ataupun bau tidak masuk ke kamar mandi.
  8. Bila muncul gangguan serangga seperti kecoa, gunakanlah kapur khusus untuk menghalau hewan atau cairan pembasmi. Bisa juga memakai campuran soda api, garam, cuka, dan segelas air kemudian disiramkan ke tempat serangga berada.


Nah, semoga dengan tips simple diatas, kita bisa mengatasi kamar mandi kita yang mengalami masalah sehingga tak memanggil tukang dan uang kita juga akan selamat. Semoga bermanfaat.

loading...
Top