Bau Apek Ruangan yang Sangat Mengganggu, Kita Basmi Yuk!

Ruangan yang lembab akan menimbulkan jamur dan lumut oleh karena itu, muncullah bau apek yang tak sedap. Bau apek ternyata juga tidak hanya pada ruangan saja loh! Tapi juga pada lemari, dinding dan tempat-tempat yang jarang terkena cahaya.

Bau Apek Ruangan yang Sangat Mengganggu, Kita Basmi Yuk!


Bau apek sangat menyengat sehingga menimbulkan suasana tidak nyaman ketika menempatinya. Tapi tenang saja, Referensi Rumah punya tips membasmu bau apek yang menyengat dengan ampuh

1. Bau Apek Pada Lemari dan Kulkas


Untuk menghilangkan bau apek pada kulkas dan lemari cukup mudah, bersihkan keduanya dengan air sabun secara menyeluruh lalu lap dengan kain bersih. Hilangkan bau dengan cara menyeka dinding-dinding luar dan dalam lemari dengan larutan bubuk soda kue dan air.

BACA JUGA: Inilah Sebenarnya Cara Membersihkan Kulkas yang Benar

Biarkan selama beberapa jam, lalu bilas dan keringkan. Letakkan semangkuk kecil bubuk soda kue di dalam lemari atau lemari es guna menyerap bau tak sedap. Ganti bubuk soda kue setiap satu atau dua minggu sekali.

2. Bau Apek Pada Kain


Terdapat beberapa cara menghilangkan bau dari kain. Cara yang paling umum adalah merendamnya di dalam campuran cuka dan air selama satu jam. Setelah itu, cuci kain dengan deterjen seperti biasa dan pengharum pakaian.

Anda juga bisa mencoba mencuci kain tersebut dengan produk khusus pelenyap bau jika Anda bisa mendapatkannya dari toko swalayan terdekat. Produk semacam ini hadir dalam bentuk cair dan serbuk yang didesain untuk menyerap bau tak sedap tanpa merusak kain. Ikuti instruksi pemakaian produk dan petunjuk perawatan kain Anda.

3. Menjaga Sirkulasi Udara



Jamur, lumut, dan bau apak biasanya muncul ketika aliran udara keluar-masuk rumah tidak lancar sehingga kelembapan bertahan di dalamnya. Oleh karena itu, ketiganya sering timbul di kamar mandi. Salah satu cara terbaik untuk mengusirnya adalah menjaga kelancaran sirkulasi udara. Buka pintu dan jendela untuk memasukkan udara segar ke dalam rumah dan mengeluarkan kelembapan. Pilihlah waktu-waktu yang tepat, yaitu ketika luar rumah sedang tidak berdebu.

Mudah banget kan, cukup menerapkan cara-cara diatas dijamin bau apek bakal lenyap seketika. Tapi tetap, jaga kebersihan agar bau apek tersebut tidak balik lagi.

Top