Bagaimana Sih Awal Mula Terjadinya Hari Guru Nasional? Ini Dia Faktanya

Setiap tanggal 25 November merupakan hari special terutama bagi para guru di Indonesia. Pasalnya, di Indonesia tanggal tersebut merupakan Hari Guru Nasional. Untuk memeriahkannya, sejumlah acara diadakan seperti upacara maupun lomba sebagai wijud penghormatan kepada guru-guru di Indonesia.


BACA JUGA: Kabar Baik! Para Penghafal Al-Quran di Banyuwangi Berkesampatan Menjadi Pilot Secara GRATIS!

Tapi rupanya tak banyak orang yang tahu, bagaimana sih sejarah Hari Guru nasional itu terlahir dan kenapa diperingati setiap tanggal 25 November? ⠀

Dikutip dari Indozone, Ternyata sebelum Indonesia Merdeka atau saat penjajahan dulu sudah terbentuk sebuah organisasi yang didirikan yaitu Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada tahun 1912. Namun setelah dua dekade, PGHB tersebut berganti nama menjadi PGI (Persatuan Guru Indonesia) untuk bisa lepas dari bayang-bayang masa penjajahan Belanda.

Sayangnya, pada masa jajahan Jepang, hampir seluruh organisasi dilarang termasuk PGI yang di non-aktifkan. Baru setelah proklamasi dikumandangkan pada tanggal 17 Agustus 1945 kemudian dilakukan Kongres Guru Indonesia tepatnya pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta.

Tercatat dalam sejarah baru, dimana pada tanggal 25 November 1945 disebut hari berdirinya PGRI. Pemerintah pun langsung menetapkan jika hari lahir PGRI sama sebagai Hari Guru Nasional yang diperingati setiap 25 November.

Selamat Hari Guru Nasional.. Hormati selalu guru kita ya, tanpanya kita tidak akan bisa apa-apa seperti sekarang ini. Bagaimana menurutmu?
Top