Bagaimana Cara Menjadi Orang Tua Shalih Teladan? Berikut Tips Mudah Melakukannya


Orang tua mana yang tidak ingin anaknya soleh? Siapa yang tidak ingin punya anak soleh? Rajin solat, bisa baca Quran, hafal surat-surat di dalam Al-Quran, budinya baik, patuh sama orang tua. wah, sungguh idaman bukan?. Sebelum para orang tua mendidik anak untuk menjadi orang yang shalih, maka orang tua juga harus memberikan teladan yang baik kepada anak. Biasakan untuk melakukan hal-hal yang memang bisa menjadi pegangan hidup untuk si kecil.

Baca juga : Renungan Bagi Para Orang Tua, Hal Inilah yang Akan Orang Tua Rasakan Saat Anaknya Menikah

Para orang tua jaman sekarang masih banyak yang belum mengerti tentang teladan yang baik kepada anak, dan hanya menyuruh sang anak berbuat baik ataupun melaksanakan ibadah tanpa tahu bahwa orang tua masih jarang melakukan hal tersebut. Berikut ini adalah bagaimana caranya menjadi orang tua shalih teladan yang berguna untuk membentuk karakter si kecil.

1. Ajarkan untuk memberi salam dan menjawab salam


Ajarkan anak-anak untuk tidak menjadi pemalu. Bila ada teman atau kerabat orang tua mereka yang belum mereka kenal datang berkunjung ke rumah, ajarkan supaya mereka tersenyum, menatap mata dan memberi salam dengan menyebutkan nama mereka. Anda dapat melatih anak-anak dengan mengadakan sandiwara kecil seolah-olah Anda menjadi tamu di rumah itu. Beritahu anak-anak bahwa sikap sopan santun membantu kita menjalin hubungan dengan orang lain.

2. Ekspresikan kasih sayang dengan memberikan pelukan atau sentuhan hangat


Kasih sayang dan cinta orang tua adalah hal yang sangat penting bagi anak-anak. Pelukan dan bermain bersama anak adalah tindakan nyata mewujudkan cinta dan kasih sayang itu. Para psikolog menyatakan bahwa pelukan orangtua kepada anak merupakan komunikasi dan cara untuk memperkuat hubungan anak dengan orang tua. Orang tua yang sering memeluk anaknya atau anak yang sering memeluk orang tuanya, lebih kecil kemungkinan terjadi konflik yang hebat atau berkepanjangan, karena orang tua dan anak akan saling mencari titik temu untuk kebahagiaan bersama.

Baca juga : Bunda, Inilah Beberapa Hadist yang Bisa Diajarkan untuk Anak Dalam Kegiatan Sehari-Hari

3. Membiasakan agar membaca doa sebelum memulai sesuatu


Seperti yang kita ketahui doa merupakan permohonan kepada Tuhan yang dipanjatkan oleh seseorang disertai dengan kerendahan hati dengan maksud mendapat rahmat dan karunia dari Tuhan di setiap langkahnya dalam menjalani kehidupan ini. Oleh karena itu juga kegiatan berdoa ini sering dilakukan terutama di sela-sela kegiatan sehari-hari dengan tujuan agar segala sesuatunya dapat  berjalan dengan lancar. Pentingnya mengajarkan doa kepada anak tentu saja memiliki tujuan yang sama yaitu agar anak tersebut selalu membiasakan diri meminta diberi kemudahan oleh Tuhan sebelum atau sesudah melakukan suatu kegiatan.
loading...
Top