Apple Diskon Aksesori USB-C ? Ini Penjelasannya


Apple memotong harga seluruh aksesori USB-C yang merupakan komponen tambahan yang penting bagi pengguna MacoBook Pro terbaru.

Aksesori yang mendapatkan potongan harga itu antara lain USB-C to USB adapter, Thunderbolt 3 to Thunderbolt 2 adapter, USB-C to Lighting, USB-C to digital AV multiport adapter, dan USB-C to VGA multiport adapter.

Potongan harga memang hanya berlaku sementara, yaitu mulai November hingga akhir 2016. Pengurangan harga yang diberikan cukup signifikan, sekitar 25 persen dibandingkan harga normal.

Hal ini tentu membawa kabar gembira bagi para pengguna atau calon pengguna MacBook Pro terbaru. Namun di sisi lain, potongan harga aksesori ini juga indikator bahwa Apple khawatir ditinggalkan penggunanya.

Informasi yang dirangkum Kompas dari Business Insider dan diteruskan oleh wajibbaca.com, Apple mendapat banyak kritikan keras pasca peluncuran MacBook Pro terbarunya. Kritik tersebut menyesalkan desain ulang yang mengorbankan USB standard dan slot card reader demi USB-C.

“Kami paham banyak sekali pengguna, terutama kalangan profesional, yang masih mengandalkan port lawas dan saat ini mereka dalam masa transisi. Karena itu kami ingin membantu mereka, sekaligus mengembangkan ekosistem port terbaru,” ujar juru bicara Apple.

“Hingga akhir tahun ini, kami memutuskan untuk memotong harga seluruh aksesori USB-C dan Thunderbolt 3, begitu juga dengan adapter dan kabel,” imbuhnya.

USB standard dan slot card reader merupakan fitur yang masih banyak dipakai orang. Terutama para profesional yang seringkali memindahkan data, baik menggunakan USB atau memori kamera.

Dengan menggantinya ke USB-C, Apple justru mempersulit serta membuat penggunanya makin boros uang. Mereka harus membeli adapter baru hanya agar bisa membaca data dari memori kamera atau menghubungkan MacBook Pro ke iPhone 7.

Harga adapter USB-C pun tidak murah. Harga normalnya, mulai dari USB-C to USB adapter senilai 19 dollar AS atau sekitar Rp 249.000 hingga USB-C to digital AV multiport adapter senilai 69 dollar AS atau sekitar Rp Rp 900.000.


Setelah mendapat potongan harga, USB-C to USB adapter menjadi sekitar Rp 118.000, sedangkan USB-C to digital AV multiport adapter menjadi sekitar Rp 643.000. Tidak diketahui apakah potongan harga ini juga akan berlaku di Indonesia dan negara selain Amerika Serikat.
Top