Apa Saja Sih, Hal-hal yang Harus Dilakukan Sebelum Berpindah Rumah?

Berpindah rumah memang ribet dan menguras energi, pasalnya barang-barang yang harusnya sudah pada tempatnya harus di pindahkan ke tempat lain, apalagi barang tersebut berukuruan besar, seperti almari, kulkas, dan ranjang. 

Selain di pindahkan ke tempat lain, kita juga harus memikirkan kembali dalam penatannya, sehingga akan sama nyamannya dari rumah yang sebelumnya dan bahkan lebih. Agar memudahkan anda dalam melakukan pindahan rumah, Referensi Rumah punya tipsnya loh! Ini dia. 

1. Packing 

Saat packing yang perlu anda perhatikan adalah ukuran dan jenis barang tersebut. Jangan campur barang dapur dengan alat perbaikan rumah, begitupun dengan barang yang mudah pecah. Hal ini bertujuan agar anda tidak harus mengelompokannya lagi ketika di buka dan benda tersebut lebih aman. Dan jangan lupa pastikan juga, apakah tempatnya sudah tertutup rapat atau belum jika perlu berilah nama agar memudahkannya. 

2. Cek kembali 

Sebelum benar-benar pergi, cek kembali apakah ada barang yang tidak ketinggalan seperti almari, kulkas, kompor dan sebaginya. Pastikan juga keran air dan listrik sudah mati, agar lebih hemat dan tidak digunakan sebagai sarang nyamuk. Jangan lupa kunci semua pintu dan jendela begitu juga pagar sebelum benar-benar pergi meninggalkan rumah itu. 

3. Bersihkan 

Bersihkan terlebih dahulu rumah yang akan anda tempati, jangan terburu-buru meletakkan barang bawaan anda. Ketika membersihkan, anda bisa mulai dari bagian tinggi, kemudian bagian-bagian yang paling sulit untuk dibersihkan ketika di tinggali dan yang terakhir adalah membersihkan bagian yang paling mudah dan sering disentuh. 

4. Perencanaan penataan 

Sebelum menata kembali barang-barang anda, lebih baik anda rencanakan terlebih dahulu bagimana dan dimana benda-benda anda diletakkan, agar rapi dan nyaman ketika di tinggali. 

5. Penataan kembali 

Setelah terencana dengan matang, baru deh di tata kembali dan jangan sampai ada barang yang tertinggal ya. Hal yang paling penting adalah selalu hati-hati ketika mengabil dan meletakkannya. Eits, tidak berhenti sampai disini karena masih ada hal yang tidak kalah pentingnya. 

6. Di  Do'a kan 

Sebelum di singgahi alangkah baiknya kita mendo'akan rumah tersebut agar selalu diberi rahmat dan kenyaman. Anda juga bisa mengudang tetangga anda untuk ikut mendo'akannya sekalian mengenalkan diri di lingkungan yang baru. 
Bagaimana? Cukup mudah bukan.. Dengan mengikuti tips di atas, dijamin lebih ringan dan tidak menguras banyak energi dan biaya.. Semoga bermanfaat. 

loading...
Top