Ajarkan Sholat Sejak Dini, Ini Cara Agar Si Kecil Mengerti


Mempunyai putra putri yang saleh dan saleha adalah cita-cita yang dimiliki oleh semua orangtua muslim. Kesuksesan anak-anaknya harus diraih baik dunia maupun akherat. Akherat adalah hal yang utama karena dunia pasti akan mengikuti. Seorang anak yang mereka cita-citakan adalah anak yang saleh. Sehingga dapat mengangkat derajat orangtuanya di hadapan Allah SWT dan dapat menyelamatkan orangtuanya di akherat nanti dengan doa-doanya.  Banyak orang tua beranggapan mengajarkan shalat anak tidak perlu terburu-buru. Saat mereka sudah menginjak dewasa, akan lebih mudah untuk menyuruhnya.

Tapi tahukah, Anda? Mengajarkan apa pun lebih baik dilakukan sedini mungkin. Selain sebagai pembiasaan juga agar anak lebih mudah diberi pengertian saat dia mencapai umur yang sesuai dengan wajibnya shalat. Nah, ini adalah metode untuk mengajarkan sholat kepada si kecil melalui makna dari setiap bacaan.

1. Takbiratul-Ihram / Takbir


2. Doa Iftitah


3. Surat Al-Fatihah


4. Bacaan Ruku'


5. Bacaan I'tidal


6. Bacaan ketika sujud


7. Bacaan ketika tahiyat awal


8. Bacaan ketika tahiyat akhir



9. Doa Qunut


Tidak perlu memaksa dengan ancaman. Kita mengajarkan kewajiban shalat kepada anak dengan cara yang sudah ada dalam Al-Qur’an. Bukankah berdakwah atau menyampaikan ajaran Islam sudah dicontohkan oleh Allah dan Rasul-Nya. Dalam Firman Allah SWT :”Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pengajaran yang baik, dan berdebatlah dengan mereka dengan cara yang baik.” (Q.S. An-Nahl:125)
loading...
Top