Ajarkan Kata Ajaib Ini Pada Si Kecil, Bunda Cerdas Wajib Tau Mantra Uniknya!


Anak ibarat kertas putih kosong, bagaimana isinya tergantung kita sebagai orang tua yang melukis diatasnya. Memiliki anak yang sopan, berakhklak mulia, sholeh dan sholeha pasti menjadi idaman setiap orang tua. Tentu saja untuk mencapainya perlu teladan yang baik dari ayah dan bunda.

Baca juga : Sudah Benarkah Cara Kita Memperlakukan Ibu Selama Ini? Inilah Kekeliruan yang Sering Dilakukan oleh Anak

Akan tetapi bagaimana ya cara mengajari si kecil untuk berperilaku seperti itu? Apalagi banyak lingkungan yang meskipun anak tak tahu dengan baik bahwa itu salah, mereka tak akan bisa menyangkalnya karena desakan lingkungan. Untuk itu, sebagai orang tua harus mampu mengajarkan kebaikan di dalam diri anak. Seperti kata ajaib berikut ini yang mempunyai mantra untuk lingkungan agar menjadi lebih baik. Memang cukup sederhana, tapi bila tidak diajarkan, anak akan menjadi seseorang yang egois dan itu buruk untuk perkembangannya.

Berikut mantra yang bisa diajarkan pada anak untuk keajaiban yang sangat besar di lingkungannya.

1. Kata pertama adalah tolong


Terdengar sederhana, namun biasakan anak mengucapkan kata “tolong” untuk meminta bantuan dari orang lain. Biasakan juga untuk mengucapkan “tolong” ketika kita meminta bantuan pada anak. Mengucapkan kata “tolong” akan membuat anak-anak memiliki sifat rendah hati.

2. Ucapkan terima kasih


Ucapan “terima kasih” mendidik anak untuk menghargai pertolongan dari orang lain meskipun untuk perkara yang kecil. Menumbuhkan rasa saling menghargai pada sesama. Ucapkan “terima kasih” pula ketika anak memberikan bantuan pada kita.

3. Biasakan untuk meminta maaf


Kata ini adalah kata yang sulit untuk diucapkan, apalagi ketika kita tidak membiasakan pada anak. Anak perlu dididik supaya berani mengakui kesalahannya ketika memang dia bersalah. Tidak hanya ketika anak melakukan kesalahan, namun kita juga harus menanamkan bahwa mengucapkan kata “maaf” adalah hal yang benar, bukan hal yang memalukan.

4. Sahutkan kata OKE!


Kata “oke!” merupakan simbol dari kelapangan hati. Kata ini mungkin terdengar simpel, namun ini merupakan suatu respon yang positif terhadap sesuatu. Ajari anak, agar dia menjadi pribadi yang kooperatif terhadap lingkungannya.

Baca juga : Breakout Trik! Simak Cara Agar Anak Lebih Cinta Buku Ketimbang Bermain Gadget

5. Sangat penting untuk mengucapkan salam


Mengucapkan salam, atau menyapa orang lain membawa arti kesejahteraan. Biasakan anak untuk mengucapkan salam ketika bertemu dengan orang lain. Ajari anak untuk melihat lingkungan sekitarnya dan menyapa. hal ini memupuk anak menjadi pribadi yang ramah pada orang lain.

6. Terakhir adalah meminta izin


Kita harus menamkan pada anak agar selalu meminta izin ketika akan melakukan sesuatu, atau ingin menggunakan barang yang bukan miliknya. Hal ini mengajarkan bahwa tidak boleh mengambil sesuatu yang bukan miliknya, dan tidak boleh juga berbuat sesuka keinginannya. Biasakan anak untuk bertanya dan meminta izin lebih dulu.

Membiasakan anak berkata baik, selain dibiasakan dikatakan, tentu diperlukan tindakan nyata yang mengikuti kata-kata ini. Penanaman ke anak-anak, sangat butuh konsistensi dan pengulangan secara terus menerus. Dan anak-anak adalah peniru ulung, jadi orang tua harus bisa memberi contoh. Mari kita menjadi orang tua bisa diteladani oleh anak-anak kita, yang bisa saling menghargai terhadap sesama.
Top